Jumat, 13 Juli 2018 02:30 WITA

Bukan Barcelona, Bukan Real Madrid, Pemain Tim Ini yang Selalu Tampil di Final Piala Dunia

Editor: Nur Hidayat Said
Bukan Barcelona, Bukan Real Madrid, Pemain Tim Ini yang Selalu Tampil di Final Piala Dunia

RAKYATKU.COM - Real Madrid dan Barcelona boleh saja merajai gelar klub terbaik dunia dalam satu dekade terakhir. Namun, Bayern Muenchen yang rutin mengirimkan pemainnya tampil di final Piala Dunia sejak 1982.

Total dalam 10 laga final Piala Dunia sejak 1982, ada 24 pemain Bayern selalu bermain di partai puncak tersebut baik ketika Jerman lolos maupun tidak. Di Piala Dunia tahun ini The Bavarians akan diwakili Corentin Tolisso dari timnas Prancis.

Setelah tampil menawan di Liga Prancis bersama Lyon, Tolisso direkrut Bayernpada 14 Juni 2017. Ia langsung menjadi pilar dengan catatan 10 gol dan tujuh assist dari total 40 laga di semua ajang.

Tolisso bisa menjadi satu-satunya pemain Bayern yang akan mencicipi laga final Piala Dunia 2018 saat Prancis menghadapi Kroasia di Stadion Luzhniki, Minggu dini hari Wita (15/7/2018).

Pada edisi 2014, Bayern mengirimkan mayoritas pemainnya ke final karenaJerman lolos ke laga puncak. Manuel Neuer, Philipp Lahm, dan Mario Goetze sukses menjadi bintang ketika Der Panzer sukses menaklukkan Argentina dengan skor 1-0 di Rio de Janeiro.

Sementara pada 2010, ada tiga pemain Bayern yang bermain di final yang mempertemukan Belanda vs Spanyol. Di kubu Belanda ada Mark van Bommel dan Arjen Robben, sementara Javi Martinez membela timnas Spanyol.

Sementara pada gelaran 1982, Bayern banyak mengirimkan pemainnya lantaran Jerman Barat melaju ke final menghadapi Italia. Bintang Bayern kala itu, Karl-Heinz Rummenigge, bahkan ditunjuk sebagai kapten tim Jerman.

Selain pemain Bayern, Inter Milan juga termasuk klub yang pemainnya selalu hadir di pertandingan puncak Piala Dunia. Hanya saja, jumlah pemain I Nerazzurri ini tidak sebanyak Bayern. 

Hanya 11 pemain Inter Milan sejak edisi 1982 yang bermain di laga final. Pada tahun ini Inter bisa diwakili dua pemain Kroasia, Ivan Perisic dan Marcelo Brozovic.

Sumber: CNN Indonesia