Rabu, 11 Juli 2018 04:04 WITA

Kalahkan Belgia 1-0, Prancis Lolos ke Final Piala Dunia 2018

Editor: Fathul Khair Akmal
Kalahkan Belgia 1-0, Prancis Lolos ke Final Piala Dunia 2018
Foto: twoitter Equipe de France

RAKYATKU.COM - Timnas Prancis menang atas Belgia dengan skor 1-0 pada babak semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Moskow, Rabu dinihari (10/7/2018). Kemenangan ini, membuat Prancis berhak atas tiket final Piala 2018.

Gol tunggal Prancis, dicetak Samuel Umtiti melalui sundulan  bola tendangan sudut Griezmann, dan melesak ke gawang Belgia.

Belgia terus berusaha untuk menghasilkan gol penyama. Akan tetapi, barisan lini depan pasukan arahan Roberto Martinez selalu mengalami masalah dalam penyelesaian akhir.

Tertinggal satu gol membuat Belgia lebih agresif dalam membangun serangan. The Red Devils hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-65 melalui sundulan Fellaini. Menerim umpan silang Dries Mertens, Fellaini mengalahkan Paul Pogba dalam duel udara, tapi sundulannya masih tipis di sisi kiri gawang.

Pelatih Belgia Roberto Martinez merespons ketinggalan dengan memasukkan dua pemain yang bertipe lebih menyerang, yakni Dries Mertens dan Yannick Carrasco. Dua pemain yang ditarik keluar adalah Moussa Dembele dan Fellaini.

Usaha itu membuat Belgia sukses mengurung pertahanan Prancis. Tapi, Prancis sukses menunjukkan pertahanan yang solid. Bahkan Pogba beberapa kali terlihat lebih bermain sebagai bek tengah daripada gelandang.

Di antara serangan Belgia, Prancis hampir mencetak gol kedua pada menit ke-90+3. Tapi, tendangan mendatar Griezmann ke pojok kanan gawang berhasil ditangkap Courtois. Kiper Chelsea itu juga berhasil menepis tendangan Corentin Tolisso pada menit ke-90+5.

Ini adalah kali ketiga Prancis lolos ke babak final Piala Dunia setelah pada 1998 dan 2006. Pada babak final di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu 15 Juli mendatang, Prancis akan bertemu pemenang antara Kroasia vs Inggris.