Minggu, 08 Juli 2018 15:03 WITA

Jika Melihat Tradisi Dua Edisi Piala Dunia Terakhir, Juara 2018 Berinisial TTL

Editor: Abu Asyraf
Jika Melihat Tradisi Dua Edisi Piala Dunia Terakhir, Juara 2018 Berinisial TTL
Pep Guardiola

RAKYATKU.COM - Kapan Indonesia bisa lolos Piala Dunia? Pertanyaan ini sudah berusia puluhan tahun yang hingga kini belum terjawab. Beragam upaya sudah dilakukan, hasilnya masih jauh panggang dari api.

Ide mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Muhammad Said Didu perlu dipertimbangkan pelaku sepak bola di negeri ini. Terkesan bercanda, namun bisa jadi ide itu yang akan membawa Indonesia lolos untuk pertama kalinya ke Piala Dunia 2022.

"Semoga Pep bersedia melatih PSM agar Timnas Indonesia juara dunia," kicau Muhammad Said Didu di Twitter, Minggu (8/7/2018).

Kicauan itu dilontarkan putra asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan itu menanggapi kicauan salah seorang warganet.  

"Masuknya Pep Guardiola ke suatu liga ternyata memang berpengaruh pada prestasi negara tersebut. Contohnya adalah Spanyol dan Jerman. Sekarang Timnas Inggris sedang merasakan efeknya positifnya," tulis pemilik akun @rijal_saeful.

Asumsi Rijal ada benarnya juga. Beberapa tahun terakhir ini, juara dunia adalah negara yang salah satu klubnya dilatih Guardiola. Ketika Spanyol tampil sebagai juara Piala Dunia 2010, Pep melatih Barcelona.

Lalu, pada Piala Dunia 2014, giliran Jerman yang tampil sebagai juara ketika Guardiola menukangi Bayern Munich. Nah, saat ini, Pep melatih klub Inggris, Manchester City. Akankah tim berjuluk The Three Lions (TTL) itu yang akan tampil sebagai kampiun?