Minggu, 08 Juli 2018 09:14 WITA

Kroasia ke Semifinal Usai Kalahkan Rusia, Ini Catatan Menarik di Baliknya

Editor: Nur Hidayat Said
Kroasia ke Semifinal Usai Kalahkan Rusia, Ini Catatan Menarik di Baliknya

RAKYATKU.COM, SOCHI - Kroasia lolos ke semifinal Piala Dunia 2018 usai mengalahkan tuan tumah Rusia. Kroasia menang adu penalti 4-3 setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit.

Pada laga yang berlangsung di Fisht Stadium, Minggu dini hari Wita (8/7/2018), Rusia lebih dahulu unggul lewat gol Denis Cheryshev, namun Kroasia bisa membalasnya melalui Andrej Kramaric. Skor 1-1 bertahan hingga 90 menit habis.

Di babak tambahan waktu, Kroasia berhasil mencetak gol dan mengubah skor jadi 2-1 lewat Domagoj Vida. Namun, tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Mario Fernandes. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Pada adu tos-tosan ini, Kroasia akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 4-3. Satu penendang Kroasia, Mateo Kovacic, gagal menjalankan tugas dengan baik. Sementara di kubu Rusia, Fedor Smolov dan Mario Fernandes, juga gagal.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut catatan di balik kemenangan Kroasia atas Rusia:

-Ini jadi kemenangan pertama Kroasia atas tim tuan rumah Piala Dunia. Sebelum ini, Kroasia kalah dari Prancis (1998) dan Brasil (2014).

-Kroasia dua kali berhasil melangkah ke semifinal Piala Dunia. Semifinal pertama pada 1998.

-Kroasia jadi negara kedua yang terus bertahan di babak gugur usai menang adu penalti dua kali beruntun. Sebelumnya, Argentina melakukannya pada Piala Dunia 1990.

-Rusia melawan Kroasia merupakan laga keempat yang harus ditentukan lewat adu penalti di Piala Dunia 2018. Dan, laga ini satu-satunya yang menghasilkan gol di babak tambahan.