Sabtu, 07 Juli 2018 12:19 WITA

Wakil Ketua LDII Sulsel Jagokan Prancis, Sekretaris Jagokan Kroasia

Editor: Aswad Syam
Wakil Ketua LDII Sulsel Jagokan Prancis, Sekretaris Jagokan Kroasia
Ishak Andi Ballado dan Ismail Arifin

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Laga piala dunia 2018 semakin sengit. Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sulawesi Selatan, Ishak Andi Ballado mengunggulkan Prancis di laga piala dunia 2018.

"Saya unggulkan Prancis, karena ada Mbappe yang punya kecepatan (speed) yang tinggi. Menurut beberapa pengamat sepakbola, Mbappe mengikuti Pele, legenda pesepakbola Brazil. Ia adalah Pele masa kini yang berpidah dari Brasil ke Prancis," ujar Ishak.

Skuat Prancis akan berhadapan dengan Belgia pada Rabu (11/7/2018) pukul 02.00 Wita. Sampai saat ini, laga piala dunia 2018 telah memasuki fase perempat final. 

Sementara, Wakil Sekretaris LDII Sulawesi Selatan Ismail Arifin menjagokan Kroasia, saat laga melawan Rusia. Tuan rumah Rusia akan menghadapi Kroasia di Stadion Fisht Sochi pada Minggu (8/7/2018) pukul 02.00 Wita. "Menurut saya, kualitas pemain gelandang Kroasia lebih unggul dari Rusia. Kroasia diperkuat Ivan Rakitic dan Luca Modric yang keduanya berasal dari dua klub besar papan atas, Barcelona dan Real Madrid," kata Ismail di Kantor LDII Sulawesi Selatan, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (7/7/2018). 

Ia mengatakan, walaupun Rusia adalah tuan rumah, Kroasia akan menang tipis melawan Rusia. "Prediksi saya, 1-0 untuk kemenangan Kroasia. Meski demikian, Rusia akan all out karena tampil di hadapan pendukung sendiri," kata Ismail.

Lebih jauh, Ismail mengatakan, sepakbola adalah olahraga yang menyatukan perbedaan. "Kita lihat bagaimana semua negara datang ke Rusia. Sepakbola bisa menyatukan perbedaan ras dan warna kulit," katanya. 

Dilihat dari sisi kesehatan, sepakbola sangat besar manfaatnya untuk kebugaran tubuh. Ditambah lagi dari sisi ekonomi, negara penyelenggara pertandingan 4 tahun sekali ini memperoleh banyak keuntungan. 
"Sepabkola sebagai media promosi tempat wisata, kuliner, dan tentu mendapat keuntungan dari penjualan tiket pertandingan," ujar Ismail. 

LDII Makassar, tambah Ismail, rencananya bakal menggelar turnamen sepakbola "LDII Makassar Cup". "Sepakbola untuk mengarahkan pemuda pada kegiatan positif dan menghindarkan pemuda dari hal negatif, seperti narkoba," ungkapnya.