Sabtu, 07 Juli 2018 08:31 WITA

Melaju ke Semifinal, Belgia Pantas Berterima Kasih kepada De Bruyne dan Cortouis

Penulis: Himawan
Editor: Aswad Syam
Melaju ke Semifinal, Belgia Pantas Berterima Kasih kepada De Bruyne dan Cortouis
Histeria pemain Belgia, saat wasit meniup pluit panjang tanda berakhirnya babak kedua. Belgia pun lolos ke semifinal usai mengandaskan langkah Brasil dengan skor 2-1.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Permainan gemilang ditampilkan Timnas Belgia, saat mengandaskan Brasil di babak perempatfinal Piala Dunia 2018. Bermain di Kazan Arena, Brasil harus mengakui keunggulan Belgia dengan skor 1 - 2.

Brasil sejatinya tidak bermain buruk, tercatat tim asuhan Tite ini unggul 57% penguasaan bola dibanding Belgia 43%. Brasil pun memiliki total tembakan 26 berbanding 8 yang dimiliki Belgia. Namun Martinez tahu betul cara mengalahkan Brasil.

Efektivitas serangan balik yang dimotori Lukaku cs, berujung pada kegagalan Brasil melangkahkan kakinya ke Semifinal di Rusia kali ini. Selain itu perombakan starting XI, dengan memasukkan Chadli dan Fellaini lebih awal dan formasi 3-4-3 terbilang sukses buat Belgia. 

Belgia pantas berterima kasih pada De Bruyne dan Thibaut Cortouis. Dua pemain ini menjadi kunci kemenangan Belgia. Tendangan sudut De Bruyne membuat Fernandinho salah mengantisipasi, yang berujung gol bunuh diri untuk Belgia. Beberapa menit selanjutnya, berawal dari penetrasi Lukaku dari bawah lapangan, De Bruyne kembali menjebol gawang yang dikawal Allison.

Sementara gawang Belgia sedikit kebobolan berkat penampilan super Cortouis, termasuk saat menyelamatkan placing Coutinho di babak pertama dan Neymar di pengujung babak kedua. Satu gol Renato Augusto di menit 76, tak berarti banyak bagi Brasil. 

Cortouis melakukan sembilan penyelamatan, yang membuatnya mencatatkan penyelamatan terbanyak di Piala Dunia 2018, menyamai rekor Ochoa (Meksiko) dan Akinfeev (Rusia). 

Di partai semifinal, Belgia akan menjamu tim dari negara tetangganya yakni Prancis. Pertandingan ini bakal menjadi ajang reunian untuk asisten pelatih Belgia, yang juga mantan bintang Prancis, Thierry Henry. 

Susunan Pemain:

Brasil: Alisson; Fagner, Silva, Miranda, Marcelo; Paulinho (R. Augusto 73), Fernandinho, Coutinho; Willian (Firminho 46), Gabriel Jesus (Douglas Costa 58), Neymar.

Belgia: Courtois; Alderweireld, Kompany, Vertonghen; Meunier, Fellaini, Witsel, Chadli (Vermaelen 83); De Bruyne, Hazard; Lukaku (Tielemans 87).