Jumat, 29 Juni 2018 00:25 WITA

Kalah Lawan Polandia, Jepang Satu-satunya Wakil Asia ke 16 Besar

Editor: Nur Hidayat Said
Kalah Lawan Polandia, Jepang Satu-satunya Wakil Asia ke 16 Besar
Proses gol Polandia yang dicetak Jan Bednarek saat laga melawan Jepang. (Sumber Foto: Reuters)

RAKYATKU.COM, VOLGOGRAD - Jepang menyerah 0-1 dari Polandia pada laga pemungkas Grup H Piala Dunia 2018. Biar begitu, Tim Samurai Biru tetap melaju ke babak 16 besar karena poin fairplay.

Polandia yang sudah tak punya kepentingan karena sudah pasti tersingkir, tetap tampil ngotot pada laga yang digelar di Volgograd Arena, Kamis malam Wita (28/6/2018). Robert Lewandowski cs pun menang berkat gol tunggal yang dicetak Jan Bednarek di babak kedua.

Kemenangan itu tak membawa Polandia beranjak dari dasar klasemen dengan koleksi tiga poin. Sementara itu, Tim Samurai Biru yang mengoleksi empat poin berhak lolos sebagai runner up grup. 

Torehan poin mereka sesungguhnya sama dengan Senegal yang pada saat bersamaan kalah 0-1 dari Kolombia. Pun demikian dengan selisih dan produktivitas gol. Penentuan kelolosan pun harus melihat fairplay kedua. 

Jepang yang punya empat kartu kuning, lebih sedikit dari Senegal yang punya enam kartu kuning, berkah lolos ke babak berikutnya.

Jepang kini satu-satunya tim wakil Asia yang lolos ke babak perdelapan final. Empat wakil Asia lainnya, Arab Saudi, Iran, Korea Selatan, dan Australia, sudah lebih dahulu angkat koper dari Rusia.

Sementara itu, Kolombia menjadi juara Grup setelah mengumpulkan enam poin. Dua kemenangan diraih atas Polandia dan Senegal.

Susunan Pemain:

Jepang: Kawashima; H.Sakai, Yoshida, Makino, Nagatomo; G.Sakai, Shibasaki; Yamaguchi, Usami (Inui 65'); Okazaki (Osako 47'); Muto (Hasebe 82').

Polandia: Fabianski; Glik, Bednarek, Bereszynski; Kurzawa (Peszko 79'), Goralski, Krychowiak, Jedrzejczyk; Zielinski (Teodorczyk 79'), Grosicki, Lewandowski.