Sabtu, 23 Juni 2018 17:10 WITA

Lucu, Pemain Timnas U-19 Gantian Berendam Es dalam Tong Air

Editor: Abu Asyraf
Lucu, Pemain Timnas U-19 Gantian Berendam Es dalam Tong Air
Pemain Timnas U-19 asal Makassar, Nurhidayat sedang melakukan terapi es bersama rekan-rekannya.

RAKYATKU.COM - Timnas U-19 yang disiapkan berlaga pada Piala AFF terus digembleng pelatih Indra Sjafri. Tak hanya latihan fisik, para pemain juga mendapat terapi.

Salah satunya cryotherapy atau terapi es. Para pemain diminta berendam dalam ember yang telah diisi es. Satu per satu pemain masuk dalam ember yang hanya berkapasitas satu orang tersebut.

Lucu, Pemain Timnas U-19 Gantian Berendam Es dalam Tong Air

Menurut Indra Sjafri, cryotherapy bertujuan untuk membantu proses recovery dan mengurangi nyeri karena benturan-benturan selama latihan. "Sehingga pemain akan kembali pulih dan fit untuk berlatih dan bertanding kembali," jelas Indra.
 
Tak hanya itu, mental para pemain juga terus diasah. Para pemain Timnas U-19 mendapat pelatihan emotional spiritual quotient (ESQ) dari Ari Ginanjar Agustian. Aktivitas pemain tersebut diunggah Indra Sjafri melalui akun Twitter, Sabtu (23/6/2018).

Indra Sjafri memanggil 29 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) mulai 20 hingga 29 Juni mendatang. TC ini dilaksanakan di hotel dan Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta.

TC ini sebagai persiapan untuk menghadapi Piala AFF U-19 2018 yang akan dilaksanakan di Sidoarjo dan Gresik pada 1 hingga 14 Juli mendatang. Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Vietnam, Singapura, Laos, dan Filipina.

Lucu, Pemain Timnas U-19 Gantian Berendam Es dalam Tong Air

Pelatih asal Sumatera Barat ini berharap bahwa selama TC di Yogyakarta para pemain kembali fokus dan menjalani setiap menu latihan secara maksimal. Hal ini agar saat Piala AFF U-19 nanti dapat memperoleh hasil yang maksimal.

"Saat TC di Yogyakarta, kami tim pelatih seperti biasa memberikan semua materi latihan kepada pemain. Kami juga sudah melakukan evaluasi apa saja kekurangan tim ini. Pada TC kali ini, kami juga melakukan analisa terhadap tim-tim lawan yang akan kami hadapi di Piala AFF U-19," tambah pelatih yang sukses membawa Indonesia juara Piala AFF tahun 2013 ini.

Lucu, Pemain Timnas U-19 Gantian Berendam Es dalam Tong Air

Dari 29 pemain yang dipanggil, nama-nama beken pemain Timnas U-19 seperti Egy Maulana, Nurhidayat, Firza Andika, M Iqbal, Asnawi Mangkualam, Rifad Marasabessy, M Lutfhi, M Rafli masih ada. Satu nama pemain baru yang dipanggil yakni David Kevin Rumakiek dari Persipura.

Khusus untuk Saddil Ramdani, Feby Eka Putra, dan Hanis Saghara akan menyusul bergabung ke Yogyakarta pada 24 Juni mendatang. Ketiganya dipanggil Timnas Indonesia U-23 terlebih dahulu untuk uji coba melawan Korea Selatan Sabtu malam ini (23/6/2018) di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Pada tahun 2018 ini, selain mengikuti Piala AFF, Garuda Nusantara julukan Timnas U-19 juga akan tampil di Piala AFC U-19 pada 18 Oktober hingga 4 November mendatang. Indonesia menjadi tuan rumah ajang tersebut.

Daftar Pemain Timnas U-19

Kiper:
1. M. Aqil Savik (Persib)
2. Gianluca Rossy (Persija)
3. Rakasurya Handika (Bali United)
4. M. Riyandi (Barito Putera)

Belakang:
5. Nurhidayat Haris (Bhayangkara FC)
6. Julyano Pratama (Ragunan)
7. Kadek Raditya (Persiba Balikpapan)
8. Dedi T Maulana (Persis)
9. Firza Andika (PSMS) 
10. Irsan Lestaluhu (Madura United)
11. M Firly ( Bogor FC )
12. Asnawi Mangku Alam ( PSM )
13. Samuel Christianson (Sriwijaya FC)
14. M Rifad Marasabessy ( Madura United)
15. David Kevin Rumakiek (Persipura)

Tengah:
16. M Luthfi Kamal (Mitra Kukar) 
17. Syahrian Abimanyu (Sriwijaya FC)
18. Witan Sulaeman (Ragunan)
19. Resky Fandi (Martapura)
20. Muhammad Iqbal (Persika)
21. Todd Rivaldo (Persipura)
22. M Rafi Syaharil ( Barito Putera )
23. Saddil Ramdani (Persela) 
24. Feby Eka (Bali United) 
25. Gunansar Mandowen (Persipura)
26. Egy Maulana (Lechia Gdansk)

Depan:
27. Hanis Saghara (Bali United)
28. Aji Kusuma (Persika)
29. M Rafli Mursalim (Mitra Kukar)