Jumat, 22 Juni 2018 22:14 WITA

Neymar dan Coutinho Bawa Brasil Menang atas Kosta Rika

Penulis: Himawan
Editor: Adil Patawai Anar
Neymar dan Coutinho Bawa Brasil Menang atas Kosta Rika

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Brasil berhasil mengalahkan Kosta Rika dengan skor tipis 2-0 pada pertandingan kedua babak penyisihan grup E Piala Dunia 2018 usai Coutinho dan Neymar mencetak gol di menit 91 dan 96. Kemenangan ini sekaligus menjadi kado termanis tim Selecao setelah 90 menit di waktu normal dibuat frustrasi oleh rapatnya pertahanan Kosta Rika. 

Dengan kemenangan ini, Brazil berhasil naik ke posisi pertama dengan poin 4 unggul satu angka dari Serbia yang baru akan bertanding pada pukul 02.00 dini hari waktu Indonesia nanti. 

Sepanjang pertandingan Brasil mendominasi permainan dengan memiliki penguasaan bola 69% berbanding 31% milik Kosta Rika. Selain itu, total ada 20 tembakan dengan 10 on target yang dilesakan Neymar cs ke gawang Keylor Navas. 

Tak banyak rotasi yang dilakukan oleh kedua pelatih di babak pertama pertandingan antara Brazil dan Kosta Rika. Di Brazil praktis hanya Fagner yang dimasukkan untuk menggantikan Danilo yang bermain pada pertandingan perdana melawan Swiss. 

Sementara pelatih Kosta Rika, Oscar Ramirez menggunakan strategi 3-4-2-1 yang terkadang menjadi 5-4-1 untuk menangkis serangan Brazil. 

Jalannya Pertandingan:

Brazil lebih dulu mengancam gawang Kosta Rika di menit ke-4 lewat sepakan luar kotak penalti Coutinho. Skema peluang ini berkali-kali diterapkan Brazil untuk membobol gawang yang dijaga Keylor Navas tetapi tidak membuahkan hasil. 

Sementara itu, Kosta Rika sesekali membalas lewat serangan balik. Peluang emas didapatkan Kosta Rika kala Celso Borges menerim umpan tarik dari C. Gamboa. Namun sepakan datarnya melebar beberapa inci dari tiang kanan gawang yang dijaga Alisson Becker.  

Pada menit ke-27 Jesus sempat mencetak gol setelah menerima umpan dari Marcelo namun hakim garis terlebih dahulu mengangkat bendera dan menyatakan Jesus dalam posisi offside. 

Skor kacamata berlangsung hingga turun minum. 

Di awal babak kedua Brazil hampir membobol gawang Kosta Rika tetapi tandukan Jesus pada menit 49 hanya membentur mistar gawang. Tendangan keras Coutinho dari luar kotak penalti di menit 50 nyaris masuk setelah Navas mati langkah namun bisa diselamatkan oleh Cristian Gamboa. 

Peluang emas Neymar di menit 73 juga nyaris membuahkan gol. Namun tendangannya dari luar kotak penalti masih berada tipis di samping tiang gawang. 

Brazil hampir saja mendapatkan penalti usai Neymar terjatuh akibat tarikan yang dilakukan oleh Giancarlo Gonzales. Namun, setelah wasit yang dipimpin Bjorn Kuipers melihat hasil VAR, pelanggaran terhadap Neymar dibatalkan dan menganggap Neymar melakukan diving. 

Namun keberuntungan Brazil datang di menit 91 usai Firminho mendapatkan bola crossing dari Marcelo. Crossing dari Marcelo ini ditanduk Firminho ke Gabriel Jesus di kotak penalti Kosta Rika yang kemudian sempat diambil Jesus sebelum duteruskan Coutinho ke gawang Navas yang muncul tiba-tiba dari second line. Gol pun tercipta. 

Di menit 97, setelah Kosta Rika gagal menyamakan kedudukan Brazil lebih leluasa dengan melakukan serangan. Bola di kaki Douglas Costa dari sisi kiri pertahanan Kosta Rika dengan mudah diberikan kepada Neymar yang berdiri bebas di dalam kotak penalti Kosta Rika. Dengan mudah Neymar menceplokan bola ke gawang Navas yang pada saat itu telah mati langkah. 

Sususnan pemain: 

Brazil:

Allison; Fagner, Marcelo, Silva, Miranda; Casemiro, Paulinho (Firminho 68) , Coutinho; Willian (Costa46), Jesus (Fernandinho 90), Neymar. 

Kosta Rika:

Navas; O. Duarte, G Gonzalez, Johnny Coasta; Bryan Oviedo, D. Guzman (Y. Tejeda 83), C. Borges, C. Gamboa (F. Calvo 75); Bryan Ruiz, John Venegas; Marco Urena (C. Bolanos 54).