Jumat, 22 Juni 2018 17:41 WITA

Hitung-hitungan Peluang Lolos Argentina ke 16 Besar

Editor: Nur Hidayat Said
Hitung-hitungan Peluang Lolos Argentina ke 16 Besar
Lionel Messi bersama Argentina berada di ujung tanduk pada gelaran Piala Dunia 2018. (Sumber Foto: Sporting News).

RAKYATKU.COM, NIZHNY NOVGOROD - Argentina menyerah 0-3 dari Kroasia pada lanjutan laga penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat dini hari Wita (22/6/2018). Kekalahan yang menjadikan Lionel Messi cs di ujung tanduk.

Kekalahan ini menjadikan La Albiceleste baru mengoleksi satu poin dari dua laga. Sebelumnya, tim asuhan Jorge Sampaoli bermain imbang 1-1 dengan Islandia.

Peluang lolos Argentina ke 16 besar belumlah tertutup. Tugas terakhir Argentina ada pada laga penutup grup melawan Nigeria, Selasa (26/6/2018). Itu pun masih akan bergantung pada laga Nigeria kontra Islandia yang akan berlangsung Jumat malam (22/6/2018). 

Berikut hitung-hitungan agar Tim Tango bisa memperpanjang asa di Piala Dunia 2018:

Nigeria Menang

Ini akan menjadi keuntungan untuk Argentina. Tugas Argentina selanjutnya adalah mengalahkan Nigeria sambil berharap hasil laga Kroasia melawan Islandia memihak mereka.

Kroasia tak boleh kalah dari Islandia. Kalaupun Islandia menang pada laga itu, 
Argentina mesti memiliki produktivitas gol lebih baik. Saat ini Argentina punya produktivitas gol -3, sedangkan Islandia 0.

Islandia Menang

Ini jadi kondisi terburuk untuk Argentina. Mreka mesti menang dengan skor telak atas Nigeria dan di sisi lain Islandia harus kalah dari Kroasia.

Argentina juga harus memiliki produktivitas dan jumlah gol lebih baik dibanding Islandia untuk memenangkan head to head.

Islandia-Nigeria Imbang

Hasil ini menguntungkan Islandia. Argentina harus tetap mengalahkan Nigeria, sedangkan Islandia tak boleh menang atas Kroasia.

Intinya, Argentina wajib mengalahkan Nigeria sambil berharap Kroasia mengalahkan Islandia di partai pemungkas grup.