Jumat, 22 Juni 2018 15:30 WITA

Sudahlah, Ronaldo Lebih Hebat dari Messi

Editor: Nur Hidayat Said
Sudahlah, Ronaldo Lebih Hebat dari Messi
Lionel Messi (kiri) saat berseragam Argentina dan Cristiano Ronaldo bersama Portugal. (Sumber Foto: Skyk News)

RAKYATKU.COM, MOSKOW - Cristiano Ronaldo lebih hebat dari Lionel Messi melihat penampilan kedua pemain dalam beberapa bulan terakhir. Itu menurut legenda Manchester United, Roy Keane.

Dalam satu dekade terakhir, perdebatan soal siapa yang lebih baik antara Ronaldo atau Messi memang terus bergulir. Terlebih sejak Ronaldo pindah dari Manchester United menuju Real Madrid pada 2009 silam.

Kedua pemain secara bergantian memenangi gelar pemain terbaik dunia, Ballon d'Or. Ronaldo maupun Messi kini sama-sama mengoleksi lima gelar. Akan tetapi, khusus penampilan dalam beberapa bulan terakhir, Ronaldo ada di depan Messi. 

"Saya pikir ada perdebatan besar selama beberapa tahun terakhir antara Ronaldo dan Lionel Messi. Akan tetapi, saya pikir dalam enam bulan terakhir, Ronaldo sudah naik ke level lain," terangnya Roy Keane kepada ITV.

"Saya pikir dia ada di dunianya sendiri, caranya memulai Piala Dunia, caranya mengakhiri musim lalu."

"Dalam bentuknya ini, selama beberapa bulan terakhir, cara dia memulai Piala Dunia, saya akan mengatakan dia ada di depan Messi."

"Berapa kali kita bisa berbicara tentang dia (Ronaldo)? Peningkatannya, sikapnya, dan saya banyak berpikir bahwa itu bukan kemampuan alami Cristiano Ronaldo. Sepintar apapun dia, tetapi saya pikir ini hanya karena kerja keras, tekad, determinasi dan keinginan."

"Ini adalah perdebatan yang bagus untuk dimiliki, tetapi dengan bentuknya saat ini, dia baru saja mengambil langkah di depan semua pemain, termasuk Messi."

Musim lalu bersama Real Madrid, Ronaldo memenangkan Liga Champions, sedangkan Messi mengantarkan Barcelona menjuarai La Liga dan Copa del Rey.

Khusus pada Piala Dunia 2018, Ronaldo juga lebih eksis dari Messi. Ronaldo, dalam dua laga awal Grup B, sudah mencetak empat gol. Masing-masing mencetak tiga gol alias hat-trick kala bersua Spanyol dan satu gol ke gawang Maroko.

Sementara Messi, saat melawan Islandia maupun Kroasia di Grup D, belum mencetak satu gol pun. Saat menghadapi Islandia, Messi sesungguhnya bisa membuka keran gol. Sayang, tendangan penaltinya kala itu gagal.

Ronaldo kini telah mencetak 85 gol di pentas internasional bersama tim nasional Portugal. Catatan Opta, ia kini jadi top skor di pentas Eropa untuk laga internasional. Ia adalah pencetak gol paling banyak untuk tim nasional di level Eropa, melewati rekor legenda Hongaria, Ferenc Puskas.