Kamis, 21 Juni 2018 20:59 WITA

Andai Cetak Gol Lawan Peru, Mbappe Patahkan Rekor 20 Tahun

Editor: Nur Hidayat Said
Andai Cetak Gol Lawan Peru, Mbappe Patahkan Rekor 20 Tahun
Kylian Mbappe. (Sumber Foto: Goal)

RAKYATKU.COM, EKATERINBURG - Penyerang Prancis, Kylian Mbappe, berpeluang mencetak rekor baru andai bisa menjebol gawang Peru, dalam lanjutan laga penyisihan Grup C Piala Dunia 2018, Kamis malam (21/6/2018).

Mbappe yang kini berusia 19 tahun sebelumnya menjadi pemain termuda Prancis di Piala Dunia kala tampil dan mengalahkan Australia 2-1 pada laga perdana Grup C lalu. Kini, penggawa Paris Saint-Germain itu (PSG) itu berpeluang memecahkan rekor pemain termuda Prancis yang mencetak gol di Piala Dunia.

Saat ini David Trezeguet masih menjadi pemegang rekor itu ketika menjebol gawang Arab Saudi pada Piala Dunia 1998 atau sudah 20 tahun berlalu. Saat itu Trezeguet berusia 20 tahun 246 hari.

Di luar itu, seperti dilansir Opta, berikut data dan fakta menarik lainnya mengiringi laga Prancis kontra Peru:

-Prancis dan Peru baru sekali bertemu, yaitu dalam laga persahabatan di Parc des Princes pada April 1982. Saat itu, Peru menang tipis 1-0.

-Tim Amerika Selatan terakhir yang mengalahkan Prancis di Piala Dunia adalah Argentina pada 1978. Sejak saat itu, Prancis tak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir melawan tim Amerika Selatan di Piala Dunia (menang tiga kali, seri empat kali). Tiga dari empat pertandingan terakhir berakhir imbang tanpa gol.

-Peru tak pernah menang dalam lima pertandingan terakhirnya melawan tim Eropa di Piala Dunia (seri dua kali, kalah tiga kali). Terakhir kali mereka menang atas tim Eropa adalah saat mengalahkan Skotlandia di Piala Dunia 1978.

-Peru tak pernah menang dalam tujuh pertandingan terakhirnya di Piala Dunia (seri dua kali, kalah lima kali).

-Peru membukukan 17 tembakan pada laga pertama melawan Denmark. Tapi, mereka gagal mencetak gol dan kalah 0-1.

-Setelah kekalahan beruntun dari Meksiko dan Afrika Selatan di Piala Dunia 2010, Prancis tak terkalahkan dalam empat pertandingan terakhirnya di babak penyisihan grup Piala Dunia (menang tiga kali, seri sekali).

-Antoine Griezmann terlibat langsung dalam sembilan dari 13 gol terakhir Prancis di turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa). Griezmann mencetak tujuh gol dan dua assist.