Rabu, 20 Juni 2018 15:15 WITA

Tim-tim Penghibur yang Justru Tampil Memukau di Piala Dunia 2018

Editor: Nur Hidayat Said
Tim-tim Penghibur yang Justru Tampil Memukau di Piala Dunia 2018
Tim nasional Jepang memberikan kejutan di Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Kolombia 2-1 pada babak penyisihan Grup H. (Sumber Foto: Eveyo)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pertandingan perdana di setiap grup Piala Dunia 2018 telah selesai. Sejauh ini, tim-tim kuda hitam sudah mulai menunjukkan tajinya. Hal ini terlihat dari beberapa pertandingan yang dimainkan di setiap grup, beberapa negara tim penghibur malah berhasil meraih hasil positif.

Di Grup A, Rusia yang berstatus tuan rumah bukanlah tim yang diunggulkan bisa lolos dengan mudah di grup ini. Minimnya pemain yang bermain di klub papan atas eropa, membuat banyak pencinta sepak bola ragu akan kiprah pecahan Uni Soviet ini. 

Akan tetapi, keraguan itu perlahan hilang setelah melihat Cheryshev cs membabat Arab Saudi dan Mesir dengan skor telak. Lolos ke babak 16 bagi Rusia kini sudah ada di depan mata. 

Di Grup B, permainan Iran tak boleh diremehkan. Anak asuhan Carlos Queiroz ini berhasil mempecundangi Maroko yang dikomandoi salah satu bek tangguh Juventus, Mehdi Benatia. Kemenangan atas Maroko menjadi modal penting di pertandingan berikutnya. Selanjutnya Iran akan berhadapan Spanyol dan Portugal. 

Islandia menebar ancaman bagi para penghuni Grup D. Pasalnya negara yang hanya berpenduduk sekitar 300.000 ini sukses menahan imbang salah satu tim favorit, Argentina. Serangan Argentina yang dipimpin Lionel Messi berhasil dimentahkan oleh Sigurdsson cs. Apresiasi tinggi tertuju pada kiper Islandia, Hannes Thor Halldorsson yang berhasil menggagalkan penalti Messi.

Selanjutnya di Grup E, selain Swiss, Brasil harus mewaspadai Serbia. Pasalnya, Kolarov cs kini dalam kepercayaan diri tinggi usai mengalahkan Kosta Rika di partai pembuka Grup E. Lini tengah Serbia menjanjikan dengan Matic menjadi sentral permainan tim. Juga ada Dusan Tadic yang memberikan ancaman dari second line. 

Kejutan paling memukau datang dari grup F. Meksiko berhasil mengalahkan juara bertahan Jerman. Meski memiliki banyak peluang, tetapi tangguhnya lini belakang Meksiko ditambah penampilan impresif sang kiper, Ochoa, menambah daftar frustrasi tim asuhan Joachim Loew ini. Kini Meksiko dituntut mempertahankan permainan ciamiknya ini agar lolos di putaran selanjutnya. 

Di Grup H, hanya sedikit yang memfavoritkan Jepang dan Senegal. Namun, dua tim kuda hitam ini kini mulai diprediksi bisa lolos ke babak selanjutnya setelah masing-masing melibas Kolombia dan Polandia. Lini tengah Jepang yang solid, dipimpin Shinji Kagawa, jadi salah satu kunci kemenangan Tim Samurai Biru atas Kolombia. 

Sementara itu, Senegal yang dipimpin bintang Liverpool, Sadio Mane sudah mulai menunjukkan kualitasnya. Tangguhnya Koulibaly di lini belakang, ditambah peran Ndiaye di lini tengah mengingatkan pada generasi emas Senegal di Piala Dunia 2002 yang dipimpin El Hajdi Diouf. Kemenangan atas Polandia menambah rekor Senegal yang selalu menang pada perdana di Piala Dunia. 

Dengan melihat kebangkitan negara-negara kelas dua di partai perdana piala dunia kali ini, bukan tidak mungkin Piala Dunia 2018 akan menghadirkan banyak kejutan.