Rabu, 13 Juni 2018 04:30 WITA

Hindari Camilan Saat Begadang Nonton Piala Dunia 2018

Editor: Fathul Khair Akmal
Hindari Camilan Saat Begadang Nonton Piala Dunia 2018
Ilustrasi nonton bola

RAKYATKU.COM - Euforia sepak bola akan kembali bangkit pada 14 Juni nanti. Bagaimana tidak, pasalnya Piala Dunia 2018 akan kembali dimulai dengan mempertemukan sederet kesebelasan unggulan sejumlah negara di dunia. Jika ingin menyimak pertandigan tersebut, Anda pun harus begadang.

Pembukaan Piala Dunia 2018 nanti akan berlangsung di Rusia. Lalu, persiapan apa saja yang sudah Anda lakukan dalam menyambut animo kompetisi tingkat dunia ini? Perkiraan jam siar di Indonesia berlangsung pada pukul 9 malam sampai 1 dini hari, sehingga Anda harus menyita waktu tidur demi menonton kompetisi tersebut.

Kebiasaan begadang sebetulnya tidak sehat, meski demikian tidak ada cara lain untuk menonton pertandingan Piala Dunia 2018 secara langsung. Bagi Anda yang berencana begadang, maka jangan lupa untuk menjaga stamina atau bahkan tidur terlebih dahulu di siang hari.

Menghindari camilan yang buruk untuk tubuh

Dikutip dari klikdokter.com, satu yang perlu diingat, Anda juga mesti memikirkan asupan tubuh saat begadang menyaksikan Piala Dunia 2018 nanti. Usahakan tidak mengonsumsi kudapan atau camilan seperti makanan kemasan ataupun gorengan sebagai snack saat begadang.

Lemak jenuh yang terkandung dalam makanan tersebut dinilai buruk jika dikonsumsi. Selain menghindari makanan penuh lemak dan kolesterol tinggi, sebaiknya Anda juga tidak mengonsumsi makanan ber kadar gula tinggi yang marak berasal dari makanan kemasan dan minuman bersoda.

“Perbanyaklah asupan cairan dan hindari juga rokok dan alkohol,” ujar dr. Nadia Octavia dari KlikDokter. Merokok dan minum alkohol sejatinya buruk untuk diri Anda, bahkan ketika itu bukan saat begadang menonton Piala Dunia 2018.

Sebetulnya, Anda masih bisa mengonsumsi kopi atau teh saat begadang. Namun satu yang perlu dicatat, jangan menambahkan gula yang terlalu banyak karena justru akan menghilangkan khasiat kedua jenis minuman tersebut.

“Mengonsumsi minuman berenergi dalam jumlah besar ketika Anda begadang, justru akan membuat tubuh semakin lelah dalam menghadapi keesokan harinya. Konsumsilah air putih yang cukup saat Anda begadang,” kata dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter.

Fakta tentang begadang dan konsumsi camilan

Berdasarkan penjelasan dr. Karunia Ramadhan, waktu ideal pengosongan lambung adalah 2-6 jam. Setelah itu, Anda akan kembali merasa lapar karena lambung mulai kosong dan asam lambung perlahan meningkat.

“Jika Anda makan malam pada pukul 7 malam, tentu saja pukul 9 malam sudah mulai merasa lapar. Apalagi ketika Anda masih terjaga di atas pukul 12 malam, secara otomatis perut akan merasa sangat lapar dan meminta untuk diisi. Oleh sebab itu wajar jika Anda mengonsumsi sepiring nasi atau semangkuk mi instan untuk menghilangkan rasa lapar,” ujarnya.

Perlu diketahui, metabolisme tubuh pada saat malam hari ketika aktivitas fisik terbatas, akan berlangsung lebih rendah. Artinya jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak seimbang dengan kebutuhan. Tentu saja kalori yang tidak terbakar akan ditimbun dalam bentuk lemak dalam tubuh.

Hal itu menyebabkan makanan yang Anda konsumsi saat begadang memiliki persentase timbunan yang lebih tinggi. Sebisa mungkin, atur pola asupan saat begadang sambil menonton Piala Dunia 2018.

“Tindakan yang paling tepat adalah mengonsumsi makan malam sebelum begadang. Konsumsi camilan sehat seperti sayuran dan buah setiap 2-3 jam agar tetap fokus dan berenergi ketika begadang. Cara ini dapat membantu Anda terhindar dari konsumsi makanan berat saat begadang,” tambah dr. Reza.

Begadang menonton Piala Dunia 2018 sebenarnya bisa juga dilakukan secara sehat dengan melakukan berbagai tips di atas. Yuk, dukung kesebelasan sepak bola favorit Anda dengan kondisi yang tetap fit!