Rabu, 13 Juni 2018 02:00 WITA

Baru Kali Ini, Timnas Prancis Tanpa Pemain Arsenal di Piala Dunia

Editor: Fathul Khair Akmal
Baru Kali Ini, Timnas Prancis Tanpa Pemain Arsenal di Piala Dunia
Tim nasional Prancis. (Sumber Foto: Mirror)

RAKYATKU.COM - Dalam dua dekade terakhir, baru kali ini timnas Prancis tidak memiliki pemain dari klub Liga Primer Inggris Arsenal di Piala Dunia. Ini adalah kali pertama, sejak Piala Dunia 1998 timnas Prancis tidak punya pemain dari Arsenal.

Cedera yang dialami Laurent Koscielny membuat Arsenal tidak punya wakil di skuat timnas Prancis pada ajang Piala Dunia 2018. 

Arsenal sebenarnya punya satu pemain lainnya yang berasal dari Prancis, yakni penyerang Alexandre Lacazette. Namun, pelatih Les Bleus Didier Deschamps memutuskan untuk tidak memanggil Lacazette, dikutip dari CNNIndonesia.

Untuk mengisi posisi di lini depan, Deschamps lebih memilih Antoine Griezmann, Florian Thauvin, Kylian Mbappe, Nabil Fekir, dan mantan pemain Arsenal yang kini berseragam Chelsea, Olivier Giroud.

Tidak adanya pemain Arsenal di skuat timnas Prancis untuk Piala Dunia 2018 juga bertepatan dengan akhir era pelatih asal Prancis Arsene Wenger di klub berjuluk The Gunners tersebut.

Wenger memutuskan untuk meninggalkan Arsenal akhir musim 2017/2018 setelah menjadi manajer klub asal London Utara itu sejak 1996. Di bawah asuhan Wenger, Arsenal selalu mampu menyumbang pemain untuk timnas Prancis di Piala Dunia 1998, 2002, 2006, 2010, dan 2014.

Dari 23 pemain yang dibawa Deschamps ke Rusia, sembilan pemain di antaranya berasal dari klub yang tampil di kompetisi sepak bola Prancis: tiga pemain Paris-Saint Germain, satu pemain Lyon, tiga pemain Marseille, dan dua pemain AS Monaco. 

Sisanya dua pemain Barcelona, dua pemain Atletico Madrid dan Chelsea serta satu pemain asal Real Madrid, Sevilla, Juventus, Bayern Munchen, VfB Stuttgart, Tottenham Hotspur, Manchester City dan Manchester United. 

Di Piala Dunia 2018 Rusia, timnas Prancis masuk ke Grup C bersama Australia, Peru dan Denmark. Prancis akan jumpa Australia pada pertandingan pertama yang digelar di Kazan Arena, Sabtu (16/6).