Selasa, 12 Juni 2018 15:14 WITA

Jerman Jadi Musuh Bersama di Piala Dunia 2018

Editor: Nur Hidayat Said
Jerman Jadi Musuh Bersama di Piala Dunia 2018
Joachim Loew. (Sumber Foto: FIFA)

RAKYATKU.COM, MOSKOW - Pelatih tim nasional Jerman, Joachim Loew, menilai timnya nanti akan menjadi musuh bersama kontestan lainnya pada Piala Dunia 2018 Rusia. Status Der Panzer akan menjadikan motivasi lawan naik berlipat-lipat.

Jerman adalah juara Piala Dunia 2014 Brasil. Thomas Muelles cs kemudian  mencapai semifinal Piala Eropa 2016. Teranyar, menjuarai Piala Konfederasi 2017. Di peringkat FIFA, Jerman saat ini ada di posisi teratas.

"Jika anda adalah juara dunia, pemenang Piala Konfederasi dan masuk dalam tiga besar dunia dalam tiga atau empat tahun terakhir, maka Anda akan diburu khusus," kata Loew di FourFourTwo.

Biar begitu, Loew mengaku hal itu bukanlah beban bagi timnya dan justru menjadi tambahan motivasi. Ia juga meyakini tak ada laga mudah di turnamen sekelas Piala Dunia. "Setiap tim ingin menyingkirkan sang juara bertahan."

Sebagai juara bertahan, Jerman adalah salah satu favorit juara di Piala Dunia 2018. Terlebih kali ini mereka dianggap datang dengan kondisi lebih baik lantaran merancang kombinasi pemain senior dengan para pemain muda.

Gaya main Jerman juga menjadi alasan. Memainkan taktik yang memulai serangan sejak dari barisan pertahanan, menguasai bola, dan mewujudkan transisi dari menyerang ke bertahan yang sangat baik.