Jumat, 15 Juni 2018 09:42 WITA

Analisis Grup D Piala Dunia 2018: Magic of Messi Akan Jadi Penentu

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
Analisis Grup D Piala Dunia 2018: Magic of Messi Akan Jadi Penentu
Lionel Messi. (Sumber Foto: Daily Mail)

RAKYATKU.COM, MOSKOW - Kekuatan yang nyaris merata juga terhampar di Grup D Piala Dunia 2018. Grup yang dihuni oleh Argentina, Islandia, Kroasia, dan Nigeria ini dijuluki Group of Death.

Di grup ini terdapat negara dengan tradisi sepak bola kuat, yaitu Argentina. Namun, nama besar saja bukan jaminan Tim Tango akan melaju mulus ke babak 16 besar.

Hal tersebut berkaca pada pencapaian Argentina saat babak kualifikasi Piala Dunia 2018 lalu. Juara dunia 1978 dan 1986 tersebut lolos ke Rusia dengan cara yang kurang meyakinkan.

Hanya berhasil finis di peringkat tiga di belakang Brasil dan Uruguay pada babak kualifikasi Amerika Selatan. Argentina mencatatkan tujuh hasil imbang dan empat kekalahan dari total 18 laga yang dimainkan.

Meskipun demikian, kehadiran sang mega bintang Lionel Messi di skuat Argentina akan jadi pembeda di Rusia 2018. Kiprah megabintang Barcelona itu layak dinantikan untuk membawa Argentina lepas dari bayang-bayang kegagalan. Ditunjang dengan gaya sepak bola menyerang ala Jorge Sampaoli, Argentina juga masih memiliki pemain-pemain berkualitas hampir di setiap lini.

Tiga tim lainnya patut diwaspadai Argentina. Islandia dikenal sebagai pembunuh raksasa. Hal tersebut terbukti pada babak 16 besar Piala Eropa 2016 lalu ketika mereka  mempermalukan Inggris dengan skor 2-1. Mereka bahkan lolos sampai babak perempat final sebelum kemudian dihentikan oleh tuan rumah Prancis dengan skor 2-5.

loading...

Penampilan impresif Islandia bukanlah sebuah kebetulan. Pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018, mereka berhasil menjadi juara grup dengan mengalahkan Kroasia dan Ukraina yang lebih dahulu melanglang buana di pentas sepak bola dunia.

Sementara itu, meski lolos ke Piala Dunia 2018 melalui babak play-off dengan mengalahkan Yunani, Kroasia tetaplah salah satu tim kuat di grup ini. Kroasia tercatat memiliki skuat penuh talenta yang memperkuat klub-klub top Eropa, seperti Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Perisic hingga Mario Mandzukic.

Lalu bagaimana dengan Nigeria? Tim yang dilatih oleh Gernot Rohr ini lolos meyakinkan ke Piala Dunia 2018. Nigeria lolos dari grup berat yang dihuni Zambia, Kamerun dan Aljazair.

Kekuatan utama Nigeria terletak pada lini depannya yang terbilang cukup produktif. Mereka memiliki pemain-pemain seperti Alex Iwobi, Kelechi Iheanacho, dan Ahmed Musa. Pemain-pemain muda ini dipimpin oleh John Obi Mikel sebagai kapten yang cukup kenyang pengalaman.

Di atas kertas, Argentina dan Kroasia layak diunggulkan untuk melaju ke babak 16 besar. Sejarah dan tradisi kuat serta kedalaman skuat yang mereka miliki jadi alasan utama. Meskipun demikian, kejutan ala Islandia dan Nigeria bukan tidak mungkin akan mengganggu kemapanan Argentina dan Kroasia.

Loading...
Loading...