Rabu, 13 Juni 2018 11:41 WITA

Analisis Grup A Piala Dunia 2018: Rusia Berharap Tuah Tuan Rumah

Editor: Nur Hidayat Said
Analisis Grup A Piala Dunia 2018: Rusia Berharap Tuah Tuan Rumah
Presiden Rusia, Vladimir Putin, memegang trofi Piala Dunia.

RAKYATKU.COM, MOSKOW - Gelaran Piala Dunia 2018 resmi akan dihelat mulai 14 Juni-15 Juli 2018. Dari delapan grup yang ada, Grup A merupakan salah satu yang persaingannya diprediksi bakal sengit. Sebab berisi sejumlah tim hebat, yakni tuan rumah Rusia dan Uruguay. Selain itu, juga terdapat dua tim kuda hitam, Mesir dan Arab Saudi.

Rusia tentu berharap banyak pada tuah selaku tim tuan rumah. Performanya yang menurun sejak Piala Konfederasi 2017 lalu menyebabkan posisi tim berjuluk Sbornaya tersebut meluncur turun ke posisi 61 dalam peringkat FIFA. Melorotnya posisi Rusia tersebut menunjukkan ketidakmampuan dari Stanislav Cherchesov cs tampil di level tertinggi.

Hanya saja, selaku tuan rumah, Rusia tentu berambisi mengakhiri catatan buruk yang tak pernah maju melampaui fase grup dalam tiga kesempatan Piala Dunia sebelumnya. Rusia tentu tak ingin membuat malu para pendukung di rumahnya sendiri.

Namun, Rusia bakal meladeni sejumlah tim kuat. Salah satunya Uruguay yang diprediksi akan melaju dari fase Grup A. Uruguay memiliki kemampuan individu dan juga pelatih hebat, Oscar Tabarez yang selama ini sudah sangat berpengalaman. Saat ini, tim Uruguay juga diperkuat oleh duo bomber yang sangat haus gol, Luiz Suarez dan Edinson Cavani.

Pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, posisi Uruguay berada di peringkat keempat, serta mencapai babak 16 besar saat Piala Dunia 2014 di Brasil. Berkaca pada prestasi tersebut, menunjukkan Uruguay diprediksi akan mampu melewati fase penyisihan Grup A ini dengan relatif mudah.

Sementara itu, dua tim kuda hitam, Mesir dan Arab Saudi, diprediksi masih akan kesulitan melewati babak penyisihan grup. Timnas Mesir yang akhirnya kembali ke kompetisi Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak tahun 1990 tentu akan sangat bertumpu pada bintang Liverpool Mohammed Salah.

Mo Salah tampil mengagumkan pada musim pertamanya bersama The Reds dengan menjadi pencetak gol terbanyak Premier League musim ini dengan mencetak 32 gol. Hanya saja, Salah masih belum 100 persen akibat cedera bahu yang dialami saat bersua Real Madrid di Final Liga Champions 2018, Mei lalu.

Sementara itu, Arab Saudi merupakan tim dengan peringkat FIFA terendah di Grup A, yakni peringkat ke-64. Penampilan terbaik Arab Saudi terjadi di Piala Dunia 1994 ketika mereka mencapai babak 16 besar.

Lalu siapa yang berpeluang lolos dari fase penyisihan Grup A ini? Uruguay dan Rusia adalah tim yang punya peluang besar. Uruguay akan bertumpu pada beberapa pemain bintangnya seperti Luis Suarez, Edinson Cavani, dan Diego Godin yang diketahui sudah memiliki banyak pengalaman bermain di turnamen ini.

Sementara itu, faktor sebagai tuan rumah tentu akan menjadi motivasi tersendiri buat Rusia untuk menapaki tangga menuju babak 16 besar.