Jumat, 15 Juni 2018 08:05 WITA

Piala Dunia 2018: Saatnya Kiper Baru Inggris Unjuk Gigi

Penulis: Himawan
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Piala Dunia 2018: Saatnya Kiper Baru Inggris Unjuk Gigi
Timnas Inggris.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Secara mengejutkan, Timnas Inggris melakukan perubahan yang sangat mencolok di piala dunia 2018 ini. Pemilihan pemain pada posisi penjaga gawang yang paling banyak mendapatkan sorotan terutama para penggemar setia timnas Inggris. 

Tidak dipilihnya Joe Hart yang sarat pengalaman membuat banyak pecinta sepak bola pesimistis akan kiprah Inggris di piala dunia nanti. Namun, sang pelatih, Gareth Southgate, mengatakan bukan tanpa alasan memilih ketiga kiper yang masih minim pengalaman di level timnas seperti Jordan Pickford (Everton), Nick Pope (Burnley), dan Jack Butland (Stoke City). 

"Pengambilan keputusannya dalam menerima umpan silang, distribusi dan ketenangannya dalam memberikan operan ke lini tengah, itu sangat berarti terhadap gaya bermain yang kami inginkan. Dia bisa sangat senang dengan performanya," ungkap Southgate perihal alasannya memilih Jordan Pickford di piala dunia 2018 dilansir dari Bola.net. 

Secara statistik, ketiga kiper ini memang terbilang baik dibanding kiper-kiper yang berdarah Inggris lainnya. Seperti Jordan Pickford yang musim ini mencatatkan 12 clean sheets dalam 46 pertandingan bersama Everton. Angka ini jauh lebih oke ketimbang Joe Hart yang hanya mencatatkan 4 clean sheets dari 19 pertandingan. 

Rata-rata penyelamatan di tiap pertandingan kiper-kiper yang dipilih Southgates memang lebih menjanjikan dibanding Joe Hart. Sebut saja Butland, yang di musim 2017/2018 memiliki rata-rata penyelamatan 3,09 di tiap pertandingan. Sedangkan Nick Pope dan Jordan Pickford memiliki rata-rata 2,57 dan 2,71 di tiap pertandingan (masih di atas Joe Hart yang memiliki rata-rata penyelamatan 2,47 di tiap pertandingan). 

Penampilan mengejutkan datang dari Nick Pope yang sebelumnya hanya menjadi pelapis bagi Heaton yang mengalami cedera panjang sejak awal musim 2017/2018. Pope secara mengejutkan membuat total 10 clean sheets dari 35 pertandingan yang dilakoninya di liga Inggris. Ia turut memiliki andil besar dalam membawa Burnley masuk liga Eropa musim depan. 

Belum lagi melihat aksi Jack Butland yang membuat banyak penyelamatan di liga Inggris musim ini. Meski klub yang dibelanya, Stoke City, terdegradasi musim ini, Butland memiliki catatan individu yang oke dibanding kiper berdarah Inggris lainnya (selain Pope dan Pickford). Butland melakukan 79 kali penyelamatan selama musim 2017/2018. Angka ini termasuk tinggi jika melihat Stoke City terdegradasi musim ini. 

Menarik menantikan pilihan Southgate dalam menentukan kiper utama di piala dunia nanti. Inggris sendiri akan melakoni laga perdana melawan Tunisia pada tanggal 19 Juni mendatang.