Kamis, 14 Juni 2018 08:07 WITA

Ini Timnas yang Memiliki Pertahanan Terbaik di Piala Dunia 2018

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Timnas yang Memiliki Pertahanan Terbaik di Piala Dunia 2018
Timnas Brazil.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kick off perdana piala dunia 2018 akan dimulai pada 14 Juni 2018. Sebanyak 32 negara akan saling mengalahkan untuk merebut piala yang dihelat sekali dalam empat tahun ini. Partai pembuka dalam ajang paling bergengsi di dunia ini akan diisi tuan rumah Rusia melawan Timnas Mesir. 

Beberapa negara telah membawa skuat terbaiknya untuk meraih kemenangan. Selain tertuju pada kualitas serangan, pada piala dunia ini, beberapa tim juga memiliki pertahanan yang solid. 

Ada beberapa negara yang memiliki palang pintu dengan kualitas diatas rata-rata pada piala dunia kali ini. Tentu tim yang memiliki kualitas rata-rata ini tidak hanya diisi oleh beberapa pemain yang bermain di liga Inggris. Namun, beberapa palang pintu tangguh juga diisi oleh pemain yang bermain di liga Spanyol, Italia, Prancis, bahkan Portugal. 

Berikut negara peserta piala dunia yang memiliki bek tengah yang patut diwaspadai pada piala dunia 2018.

1. Timnas Uruguay

Diego Godin dan Jose Maria Gimenez akan menjadi palang pintu yang tentunya akan sulit dilewati oleh striker-striker papan atas di piala dunia 2018. Keduanya merupakan bek tangguh yang bermain untuk Atletico Madrid. Memiliki postur yang besar, keduanya juga kerap kali mencetak gol melalui proses umpan bola-bola mati.

Selain Godin dan Jimenez, Uruguay juga masih memiliki bek kelas dua yang tak bolwh diremehkan. Sebut saja Coates, Caseres, dan Maximiliano Pereira. 

2. Timnas Brazil

Duet antara Miranda dan Thiago Silva juga patut diwaspadai oleh para penyerang yang akan menghadapi Brazil. Pengalaman serta kualitas keduanya saat bermain di level klub masing-masing sudah tidak diragukan lagi.

Namun, usai pertandingan melawan Kroasia saat uji coba kemarin, Tite seharusnya memiliki opsi baru untuk mengisi jantung pertahanan di Brazil. Pasalnya, Miranda sering melakukan blunder. Belum lagi ia juga sering kalah saat sedang menghadapi striker yang memiliki  kecepatan tinggi. Marquinhos bisa dijadikan opsi jika Miranda ataupun Thiago Silva sedang bermain buruk. 

3. Timnas Jerman

Di tiga piala dunia terakhir yang telah digelar, Jerman selalu masuk dalam empat besar. Tidak ada yang meragukan jika pertahanan Jerman diisi oleh pemain-pemain kelas satu. Tahun ini, duet Boateng dan Hummels (duet yang sama di piala dunia 2014) masih menjadi andalan Loew.

Namun, Loew tidak seharusnya khawatir jika salah satunya cedera atau bermain buruk. Antonio Rudiger, Niklas Sule ataupun Matias Ginter bisa menjadi pelapis yang baik. 

4. Timnas Belgia

Selain Thomas Vermaelen, bek tengah Belgia akan diisi oleh pemain-pemain top di klub papan atas liga Inggris. Ada tiga nama yang mempunyai statistik oke di musim 2017/2018. Vincent Kompany selaku kapten masih akan menjadi andalan.

Pilihan sulit akan jatuh pada pemain yang akan menjadi duet Kompany. Jan Vertonghen akan bersaing dengan kompatriotnya di Tottenham yakni Toby Alderwireld. Namun, Martinez juga bisa menduetkan kedua pemain ini mengingat Kompany dan Vermaelen rentan cedera. 

5. Timnas Prancis

Cederanya Laurent Koscielny akan menjadi berkah bagi bek muda timnas Prancis untuk unjuk gigi. Timnas Prancis merupakan satu-satunya tim yang memiliki rata-rata kedalaman skuat di tiap lini. Duet el clasico, Samuel Umtiti dan Raul Varane tentu patur ditakuti oleh striker papan atas sekalipun. Keduanya sama-sama memiliki peran besar membawa klubnya mendapat juara. Selain itu, pengalaman Adil Rami dan pemain baru seperti Kimpembe dan Benjamin Pavard juga bisa jadi opsi yang tak kalah mematikan. 

6. Timnas Spanyol

Duet El clasico yang kedua di piala dunia khususnya di posisi bertahan dihadirkan oleh Spanyol. Sergio Ramos dan Gerard Pique akan menjadi palang pintu yang paling berbahaya di piala dunia 2018 ini. Jika keduanya tidak mengutamakan egoisme klub, Spanyol bakalan menjadi tim seperti saat mereka menjuarai piala dunia 2010. Hanya saja Spanyol hanya memiliki pelapis Nacho Fernadez di posisi bek tengah. Lopetegui lebih percaya kepada Cesar Azpilicueta yang juga memiliki kualitas oke saat dijadikan bek tengah.