Sabtu, 09 Juni 2018 23:50 WITA

Kalahkan Persebaya, PSM Makassar Kokoh di Puncak Klasemen

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Kalahkan Persebaya, PSM Makassar Kokoh di Puncak Klasemen
Selebrasi Rizky Pellu usai mencetak gol ke gawang Persebaya, Sabtu (9/6/2018).

RAKYATKU COM, MAKASSAR - PSM Makassar berhasil mengamankan tiga poin dikandang sendiri usai mengalahkan Persebaya Surabaya. Pertandingan yang terlaksana di Stadion Andi Matalatta tersebut, berakhir dengan skor tipis 1-0, Sabtu (9/6/2018).

Kemenangan PSM Makassar, tak lepas dari peran Rizky Pellu yang menjadi bintang. Sebab pada menit 72, pemain asal Tulehu, Ambon tersebut sukses memecah kebuntuhan menjadi 1-0 setelah menerima umpan pojok dari Rasyid Bakri.

Gol ini menjadi yang kelima bagi mantan pemain Timnas Indonesia U-23 tersebut. Sebab sebelumnya, pemain yang akrab disapa Pellu itu, telah mencetak empat gol masing-masing atas PSIS Semarang, PS TNI, Mitra Kukar, Madura United, dan terakhir Persebaya Surabaya. 

Adapun pada jalannya pertandingan, pada babak pertama kedua tim menghasilkan skor kaca mata meski keduanya punya peluang matang. Namun tim berjuluk Bajul Ijo itu sangat agresif namun tak ada gol yang manpu dihasilkan.

Pada babak kedua, pertandingan baru berjalan sembilan menit, petaka menimpah Persebaya lantaran Irfan Jaya mengalami cedera punggung akibat ditekel oleh Reva Adi Utama. 

Osfaldo Haay pun menjadi pilihan untuk menggantikan Irfan Jaya. Sayangnya, agresifitas Bajul Ijo tak lagi serupa seperti pada babak pertama dengan keluarnya Irfan Jaya. Malahan, tim tuan rumah yang mendominasi serangan. 

Beberapa peluang pun tercipta. Apalagi, setelah M Rahmat masuk menggantikan Saldi pada menit 51. Kolaborasi serangan PSM meningkat dari sisi sayap. 

Kalahkan Persebaya, PSM Makassar Kokoh di Puncak Klasemen

Apalagi, setelah Rasyid Bakri masuk menggantikan Muh Arfan pada menit 58, serangan lebih terarah ke jantung pertahanan lawan. Meski begitu, belum berbuah gol untuk tuan rumah.

Namun kesempatan emas datang dari PSM, setelah mendapat umpan pojok. Rasyid Bakri yang melakukan eksekusi bola pojok, berhasil dimanfaatkan Pellu dengan menyundul bola. Gol pun tercipta dari kepala Pellu pada menit 72.

Hingga gol dari Pellu tercipta, Pasukan Ramang tak mengendorkan serangan. Hanya saja, tak ada lagi gol yang tercipta baik dari PSM maupun dari Persebaya.

Hasil ini membuat PSM Makassar kembali di puncak klasemen sementara liga dengan mengemas 24 poin. Sementara Persebaya berada di posisi 16 dengan tetap 14 poin.