Jumat, 08 Juni 2018 19:02 WITA

Beri Pluim Ban Kapten PSM, Begini Alasan Robert

Editor: Nur Hidayat Said
Beri Pluim Ban Kapten PSM, Begini Alasan Robert
Willem Jan Pluim.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Willem Jan Pluim mendapat peran penting dalam beberapa laga sebelumnya yang dilakoni PSM Makassar di Liga 1 2018. Di mana, ia didapuk sebagai kapten tim menggantikan Rivky Mokodompit atau Zulkifli Syukur.

Pelatih PSM Makassar, Robert Alberts, mengatakan ada beberapa pertimbangan sehingga menunjuk Pluim memegang ban kapten. Di antaranya, dalam lima kapten yang ditunjuk, hanya Pluim dan Rivky Mokodompin yang bermain reguler pada setiap laga PSM Makassar. 

"Kapten-kapten lain bukan bermaim secara reguler. Otomatis Pluim dengan banyak pengalaman bermain di Indonesia dan punya kepemimpinan dalam tim. Alhasil dia dipercaya dapat kapten," kata Robert, Jumat (8/6/2018).

Selain itu, pelatih asal Belanda itu menuturkan hal ini bisa menjadi cara dalam mengembalikan performa terbaik Pluim. Sebab diakui Robert, usai Pluim terkena musibah, di mana ayahnya meninggal dunia, performanya sedikit terganggu.

"Pluim perlahan-lahan kembali setelah masalah keluarga di Belanda selesai. Saya kira ini baik untuk mengembalikan kepercayaan dirinya," jelasnya.

Pluim pun mengaku bangga dinobatkan sebagai kapten tim. Sebab, kata dia, dalam dunia sepak bola, tak semudah membalikkan tangan mendapatkan kepercayaan memegang ban kapten. 

"Saya kira saya bangga telah mendapat hal tersebut. Kita punya lima kapten dalam tim dan tidak semua main secara reguler kecuali Rivky Mokodompit. Senang bisa mendapat tugas ini dan saya bangga. Senang saya bisa mengenakan ban kapten yang tidak semua pemain bisa mengenakannya dalam lapangan," katanya.