Rabu, 13 Juni 2018 09:42 WITA

Mampukah Argentina Menjuarai Piala Dunia 2018?

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Mampukah Argentina Menjuarai Piala Dunia 2018?

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Di piala dunia kali ini, bisa dibilang timnas Argentina yang memiliki komposisi pemain depan yang paling oke. Nama-nama seperti Gonzalo Higuain, Paulo Dybala, Kun Aguerro, serta sang mega bintang Lionel Messi hanya bisa disaingi oleh rival mereka, Brazil. 

Namun memiliki komposisi pemain depan yang oke tidak serta merta membuat Argentina dijagokan meraih piala dunia yang diselenggarakan di Rusia ini. Javier Saul, jurnalis The Guardian bahkan memprediksi Argentina hanya akan sampai pada fase perempatfinal. Ada banyak alasan sehingga Saul menulis bahwa Argentina tidak bakal mengangkat piala dunia tahun ini atau bahkan memasuki babak final seperti 2014 lalu. 

Argentina tahun ini tidak memiliki skuat pemain yang rata di setiap lini seperti Spanyol ataupun Jerman. Seperti yang dikhawatirkan Saul, belum maksimalnya Sergio Romero yang baru saja sembuh dari cedera hanya dilapisi oleh penjaga gawang yang minim menit bermain di musim 2017/2018 seperti Willy Cabalero. 

Di posisi bek, hanya Nicolas Otamendi yang memiliki kualitas di atas rata-rata. Federico Fazio bukanlah pilihan utama AS Roma, sedangkan Mercado dipaksa bermain sebagai bek kanan, posisi yang sebenarnya sudah jarang dimainkan Mercado di level klub.

Selain itu, ada dua gelandang bertahan yang sangat diragukan bisa bermain cemerlang di Rusia nanti. Sebut saja Javier Mascherano, pemain yang sudah melewati usia keemasan dan Lucas Biglia yang baru saja sembuh dari cedera punggung (Saul meragukan Biglia bisa dalam kondisi prima). 

Namun, rasa optimistis Argentina untuk merebut piala dunia kali ini datang dari gelandang muda yang bermain di PSG, Giovani lo Celso (22). Gelandang ini dinilai tipikal gelandang modern yang mampu mengkreasikan serangan.

Lo Celso juga lebih memiliki statistik yang oke dibanding gelandang seusianya. Lo Celso merupakan gelandang yang mampu menginisiasi serangan sekaligus bisa menjadi pengawal pertama ketika timnya diserang. 

Lo Celso merupakan gelandang serba bisa, lengkap dan kadang menjadi penentu kemenangan. Ia juga mampu bertahan dari serangan balik dan kadang muncul secara tiba-tiba di kotak penalti ketika timnya diserang. 

Selain itu, faktor yang sangat menjanjikan untuk Argentina jika para penyerang seperti Aguerro, Higuain, Dybala atau bahkan Di Maria tidak membuat Messi bekerja keras sendirian. Jika hal ini terwujud, tim asuhan Sampaoli ini dinilai bisa menyaingi kolektivitas Spanyol ketika bermain sebagai tim. 

Dan yang paling terakhir, Sampaoli dengan nada percaya diri yang tinggi menyebut Argentina bisa mengangkat trofi piala dunia jika sang mega bintang, Lionel Messi menampilkan permainan terbaiknya dan dalam kondisi yang prima. Seperti dikutip dari Guardian, Sampaoli berkata,"Jika Leo sedang oke, maka tim akan lebih ia kendalikan dibanding mengendalikan dirinya sendiri,"

Ujian bagi Lionel Messi cs akan dimulai pada tanggal 16/6/2018 saat menghadapi Islandia di partai pembuka grup D.