Kamis, 07 Juni 2018 22:55 WITA

Jelang Laga, Robert Beberkan Tiga Kekuatan Utama Persebaya

Editor: Nur Hidayat Said
Jelang Laga, Robert Beberkan Tiga Kekuatan Utama Persebaya
Robert Alberts. (Foto: PSM Makassar)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSM Makassar kembali mendapat ujian berat. Setelah sebelumnya melawan Persipura Jayapura pada pekan ke-12 lalu, kali ini Persebaya Surabaya yang menjadi lawan PSM Makassar.

Meski tampil di hadapan publik sendiri, di Stadion Andi Matalatta Sabtu (7/6/2018) mendatang, nyatanya melawan Bajul Ijo--julukan Persebaya--pelatih PSM Makassar, Robert Alberts, tak ingin jemawa.

Pelatih asal Belanda itu mencatat setidaknya ada tiga kekuatan utama Persebaya. Pertama, dari segi fisik. Robert menganggap seluruh pemain Persebaya punya fisik oke. "Secara fisik mereka kuat," kata Robert usai memimpin latihan, Kamis sore (7/6/2018).

Kedua, kemampuan para pemain di setiap lini Persebaya merata. "Kalau kita lihat kita tidak bisa bilang ada pemain kunci," ucap Robert.

Ketiga, transisi serangan. Robert menilai transisi permainan Persebaya dari bertahan ke menyerang atau sebaliknya, sama baiknya. Saat menguasai bola, para pemain juga pandai mengatur tempo. "Mereka punya playmaker yang baik. Jadi kita tidak bisa bilang hanya satu dua pemain kunci," jelasnya.

Faktor lain yang diaggap lebih menguntungkan lawan pada laga ini adalah masa recovery. Sebelumnya, Robert bilang tim Bajul Ijo punya waktu istirahat lebih banyak karena laga mereka melawan Persija Jakarta harus diundur.

"Mereka lebih diuntungkan karena punya persiapan yang panjang karena pertandingan mereka melawan Persija diundur. Mereka tidak perlu ke sana (melawan Persija) untuk laga away," jelasnya.