Jumat, 08 Juni 2018 04:00 WITA

Bek Timnas Inggris Larang Keluarga ke Rusia, Alasannya Mengharukan

Editor: Nur Hidayat Said
Bek Timnas Inggris Larang Keluarga ke Rusia, Alasannya Mengharukan
Danny Rose. (Sumber Foto: Mirror)

RAKYATKU.COM, LONDON - Bek tim nasional Inggris, Danny Rose, tak akan mengajak seluruh keluarganya berangkat ke Rusia menyaksikan dirinya berlaga di Piala Dunia 2018. Ia takut dengan pelecehan rasial.

Rose mengaku tak masalah andai tindakan rasis menimpa dirinya. Akan tetapi, ia tak akan tinggal diam bila hal serupa menjadikan keluarganya menjadi sasaran. 

"Saya tak ingin merasa khawatir dengan keselamatan keluarga saya ketika saya mencoba mempersiapkan diri untuk pertandingan," ujar Rose dikutip Worldfootball.

"Jika ada yang terjadi kepada saya, itu tidak akan berefek, berbeda bila pelecehan itu terjadi kepada keluarga saya. Saya baik-baik saja dengan apa yang terjadi, dan saya yakin bisa berada di jalan yang benar," ujar Rose.

Rasisme masih menjadi ancaman bagi kontestan Piala Dunia 2018. FIFA, pada Maret lalu, memberikan denda Rp410 juta kepada Asosiasi Sepak Bola Rusia akibat yel-yel suporter dalam laga persahabatan dengan Prancis.

FARE, lembaga di Eropa yang melawan perilaku rasisme melaporkan ada kasus 89 rasisme yang terjadi di kompetisi sepak bola Rusia selama 2016 sampai 2017.

"Ayah saya benar-benar marah. Saya bisa mendengar itu dari suaranya. Dia bilang, dia mungkin tidak memiliki kesempatan lagi untuk datang dan melihat saya di Piala Dunia," kata Rose.

"Sangat emosional mendengar hal tersebut. Benar-benar menyedihkan. Tapi itu yang terjadi. Entah bagaimana Rusia mendapatkan Piala Dunia."