Rabu, 06 Juni 2018 13:40 WITA

Pemain Terberat, Tertinggi, Terpendek, dan Tertua Piala Dunia 2018

Editor: Nur Hidayat Said
Pemain Terberat, Tertinggi, Terpendek, dan Tertua Piala Dunia 2018
Striker Inggris, Harry Kane, jadi salah satu pemain terberat di Piala Dunia 2018. (Sumber Foto: Daily Express)

RAKYATKU.COM, MOSKOW - 32 negara peserta Piala Dunia 2018 telah mengumumkan skuat final mereka. Setiap tim membawa 23 pemain. Dengan demikian, ada total 736 pemain yang akan ambil bagian di turnamen akbar empat tahunan ini.

Piala Dunia 2018 akan resmi dimulai pada 14 Juni mendatang dengan laga pembuka tuan rumah Rusia melawan Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Moskow. Sementara laga final pada 15 Juli 2018.

FIFA telah merilis semua data pemain yang akan tampil di Piala Dunia 2018. Dari seluruh pemain dapat ditemukan pemain terberat, tertinggi, terpendek, dan tertua.

Gelandang Jepang, Takashi Inui, jadi pemain dengan bobot tubuh paling ringan, yakni 59 kilogram. Beratnya sama dengan gelandang Maroko, Mbark Boussoufa.

Kemudian ada pemain Inggris, Jesse Lingard, dengan berat badan 60 kilogram. Selanjutnya Joao Moutinho (Portugal), Al-Breik Mohammed (Arab Saudi), Nahitan Nandez, Lucas Torreria (Uruguay), dan Dries Mertens (Belgia) punya berat badan 61 kilogram.

Lalu siapa yang paling berat? Pemain itu adalah bek Panama, Roman Torres, dengan dengan 99 kilogram. Kejutan hadir dengan berat badan Kane, yang tertulis 98 kilogram. 

Padahal, striker Inggris itu tidak terlihat sebagai sosok pemain yang gemuk. Berat itu bikin Kane jadi pemain terberat kedua di Piala Dunia 2018. 

Bersama Kane ada Harry Maguire yang juga di timnas Inggris, Jannik Vestergaard (Denmark), dan Abdullah Almuaiouf (Aran Saudi).

Pemain Tertinggi

Kiper Kroasia, Lovre Kalinic, jadi pemain tertinggi, yakni 200 sentimeter. Sama tingginya dengan Jannick Vestegaard (Denmark) dengan tinggi 200 sentimeter. Menyusul kemudian Federico Fazio (Argentina) dan Thibaut Courtois (Belgia) dengan tinggi 199 sentimeter.

Pemain Terpendek

Ada tiga pemain yang memiliki badan paling pendek, yakni gelandang Panama Alberto Quintero, Al Sherhi Yahya (Arab Saudi), Xherdan Shaqiri (Swiss). Ketiganya sama-sama memiliki tinggi badan 165 sentimeter. 

Pemain Tertua

Kiper Timnas Mesir, Essam El-Hadary, menjadi pemain tertua di Piala Dunia 2018, pada usia 45 tahun. Ia akan memecahkan rekor Faryd Mondragon (Kolombia) bila bermain nanti. Selanjutnya ada Rafael Marquez (Meksiko) 39 tahun, Sergy Ignashavic (Rusia) 38 tahun.

Pemain Termuda 

Sementara untuk pemain termuda adalah gelandang Australia, Daniel Arzani, yakni 19 tahun 5 bulan. Pemain Prancis, Kylian Mbappe, lebih tua 15 hari dari Arzani. Pemain muda lainnya adalah Francis Uzoho (Nigeria) 19 tahun 7 bulan.