Rabu, 06 Juni 2018 10:47 WITA

Amankan Pimpinan Klasemen Dahulu, Liburan dan Lebaran Kemudian

Editor: Nur Hidayat Said
Amankan Pimpinan Klasemen Dahulu, Liburan dan Lebaran Kemudian
Pelatih PSM Makassar, Robert Alberts. (Foto: PSM Makassar)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSM Makassar punya satu laga sisa sebelum Lebaran Idulfitri. Pasukan Ramang akan melawan Persebaya Surabaya pada laga ke-13 Liga 1 2018 di Stadion Andi Mattalatta, Sabtu (9/6/2018).

Melawan Persebaya di kandang sendiri, PSM berkesempatan menjaga bahkan memperlebar jarak poin di papan klasemen sementara. Tim asuhan Robert Alberts kini bertengger di puncak klasemen dengan koleksi 21 usai bermain imbang 1-1 dengan Persipura pada laga sebelumnya.

PSM untuk sementara unggul 1 poin atas Barito Putera di posisi kedua, dan berjarak 2 poin dari Sriwijaya serta Persipura Jayapura yang berturut-turut menempati posisi ketiga dan keempat.

Andai menang melawan Bajul Ijo pada laga nanti, PSM akan tetap memimpin klasemen sebelum Lebaran Idulfitri. Sebuah hadiah istimewa untuk para pendukung PSM, termasuk The Macz Man, Red Gank, LAJ, KVS, KVU, dan kelompok suporter lainnya.

Amankan Pimpinan Klasemen Dahulu, Liburan dan Lebaran Kemudian

Robert Alberts menilai anak asuhnya saat ini tengah dalam kondisi moral yang positif. Itu tak terlepas dari permainan apik kala bertandang ke Jayapura. "Persipura memimpin lebih dulu, tapi kita bisa membalas. Ini menunjukkan mentalitas yang baik dari PSM Makassar," kata Robert.

Sejauh ini, dalam partai kandang yang dilakoni Pasukan Ramang terbilang cukup apik. Dari enam partai, mereka baru menelan satu kali kekalahan atas Persela Lamongan dan selebihnya mampu disapu bersih dengan kemenangan.

Selain itu, satu amunisi yang sebelumnya absen lantaran akomulasi kartu kuning, Marc Anthony Klok, sudah bisa dimainkan melawan Bajul Ijo. Kondisi ini tentu membuat pelatih asal Belanda itu lebih leluasa mengutak-atik susunan pemain.

Persiapan melawan tim kebanggaan masyarakat Kota Surabaya itu, Pasukan Ramang dijadwalkan menggelar latihan hari ini, Rabu (6/6/2018). Hal itu disampaikan Sekretaris Tim PSM, Andi Widya Syadzwina. "Hari ini Rabu (6/6/2018) tim kembali latihan seperti biasa di Stadion Andi Matalatta," kata Wina, sapaan akrabnya.

Libur Lebaran

Skuat PSM Makassar siap-siap menjalani masa libur panjang Lebaran Idulfitri yang kemungkinan jatuh pada 14 Juni 2018 mendatang.

Sekretaris Tim PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina, mengatakan sehari setelah laga melawan Persebaya, tim langsung diliburkan. Hanya saja, untuk jadwal tim dikumpulkan, dirinya belum mengetahui secara pasti. 

"Tanggal 10 Juni tim mulai diliburkan. Tapi kalau jadwal kembali nanti tanya saja sama coach Robert (Alberts)," kata Wina, Selasa (5/6/2018).

Bek PSM Makassar, Hasyim Kipuw, berujar saat tim telah diliburkan, ia akan bergegas pulang ke kampung halamannya di Ambon. Bersama sang istri, Ria Ohorella, keduanya akan berangkat satu hari jelang Lebaran.

"Nanti Lebaran di Ambon. Pulangnya ke Ambon sekitar tanggal 14 Juni," kata Hasyim Kipuw.