Senin, 04 Juni 2018 21:54 WITA

Abdul Rahman Batalkan PSM Telan Kekalahan dari Persipura

Editor: Aswad Syam
Abdul Rahman Batalkan PSM Telan Kekalahan dari Persipura
Ilustrasi pelatih PSM

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Duel tim Indonesia Timur, antara Persipura Jayapura vs PSM Makassar dalam lanjutan pekan 12 Liga 1 di Stadion Mandala Jayapura, berakhir dengan berbagi angka. Kedua tim bermain dengan masing-masing satu gol alias 1-1, Senin (4/6/2018).

PSM Makassar sebenarnya tertinggal lebih dulu di babak kedua melalui Marcel Sacramento pada menit 82. Namun, bek PSM Makassar, Abdul Rahman datang sebagai penyelamat dengan sukses mencetak gol pada menit 86.

Sejak babak pertama, kedua tim tampil sangat apik dengan menampilkan serangan demi serangan. Meski demikian, tak ada satupun gol yang mampu dihasilkan hingga babak pertama berakhir 0-0.

Pada babak kedua, tim tuan rumah tampil dengan komposisi berbeda. Masuknya Imanuel Wanggai menggantikan Ricardo Salampesi pada menit 58, mampu menghidupkan lini tengah Perdipura yang berkembang dan menghasilkan serangan dari sisi kiri, kanan dan tengah.

Beruntung, pertahanan lini belakang PSM Makassar masih tangguh dengan berbagai serangan dari Mutiara Hitam. Apalagi, sang pelatih Robert Alberts memasang tiga gelandang di lini tengah, sehingga mampu mobile ke dalam jantung pertahanan.

Akan tetapi, Boaz Salossa masuk menggantikan Prisca Wonsiwor pada menit 65. Serangan dari Mutiara Hitam, pun semakin merajalela.

Puncaknya, kala Marcel Sacramento berhasil membobol gawang Rivky Mokodompit pada menit 82. Serangan awal datang dari umpan bola mati yang diterima Hilton Moreira dan memberikannya ke Marcel.

Satu kocekan yang sukses meloloskannya dari Stiven Paulle, dan dilewatkan ke arah gawang Juku Eja. Bola pun mengoyak jala gawang yang tak mampu digapai Rivky.

Unggul satu gol tak membuat tim tuan rumah mengendorkan serangan. Akan tetapi, serangan yang dibangun tak berbuah gol malah menjadi sebuah petaka.

Berawal dari serangan balik Juku Eja yang hanya berbuah sepak pojok, malah berhasil berbuah gol. Sepak pojok itu dilesatkan oleh Rasyid Bakri yang sukses disundul Abdul Rahman hingga skor berubah 1-1. Skor itu bertahan hingga laga usai.

Hasil imbang ini membuat tim kebanggaan masyarakat Makassar, Sulsel berhasil menempati posisi puncak klasemen sementara liga dengan 21 poin. Sedangkan Persipura Jayapura, tetap berada di posisi empat dengan tambahan satu poin menjadi 19 poin.