Kamis, 23 Juni 2016 20:13 WITA

16 Besar EURO 2016

Inggris vs Islandia: Ini Lima Alasan Roy Hodgson Patut Waspada

Editor: Jumardin Akas
Inggris vs Islandia: Ini Lima Alasan Roy Hodgson Patut Waspada

RAKYATKU.COM - Duet Heimir Hallgrimsson dan Lars Lagerback yang menangani Islandia disebut sebagai perpaduan cerdas dari dua pelatih. Jelang laga lawan Inggris di babak 16 besar, dua pelatih ini mengaku tak gentar dengan pasukan the three lion.

Inggris sepatutnya mewaspadai tim satu ini. Sebagai underdog, Islandia membuat kejutan dengan mengandaskan Belanda ke Euro 2016. Tim ini pun kembali membuat kejutan setelah berhasil menembus 16 besar di posisi runner up grup F mengalahkan Protugal.

Berikut 5 hal yang membuat Inggris patut waspada seperti dilansir The Guardian:

1. Heimir Hallgrimsson adalah pelatih berkepala dingin

Islandia tidak hanya memenuhi hasrat untuk masuk babak 16 besar di turnamen besar pertama mereka, tim ini berhasil menjadi runner up di Grup F setelah menang atas Austria. Sosok pelatih Hallgrimsson dan mantan pelatih timnas Swedia Lars Lagerback yang menangani tim mendapat apresiasi tinggi. 

Duet mereka dinilai mampu menciptakan tim yang patut diwaspadai inggris. Ketenangan bermain dan skema serangan balik yang jitu membuat Islandia sejauh ini menjadi salah satu tim hebat. 

 

2. Kompak bertahan dan kuat dalam serangan balik

Ronaldo sempat menyindir Islandia dengan menyebut tim ini tak memiliki mental bertanding lantaran lebih banyak bertahan. Namun, berkat strategi serangan balik mereka, Portugal hanya bisa bermain imbang kala bertemu di penyisihan grup. 

Namun, komentar Ronaldo itu terbantahkan saat Islandia menghempaskan Austria dengan skor 2-1. Islandia tampil trengginas menyerang hingga mampu keluar sebagai runner up grup F. 

Gol dicetak Bodvarsson di menit 18 dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan dari Kari Arnason. Sementara gol kedua didapatkan Islandia di menit terakhir membuktikan tim ini memiliki kekompakan dalam menyerang.

 

3. Kekuatan yang merata

Loading...

Kemenangan Islandia diciptakan oleh dua pemain pengganti pada babak kedua yakni Bjarnason dan Traustason yang masuk masing-masing pada menit 71, dan 80. 

Pelatih Inggris Hodgusen patut waspada dan melihat bagaimana kepanduan pemain  Islandia. Pelatih Inggris harus mencatat bagaimana Hallgrimsson dan Lagerback menggunakan kekuatan tiga pemain pengganti dalam menaklukkan Austria. Satu pemain pengganti terakhir yakni bek Sverrir Ingi Ingason yang dipasang di menit terakhir untuk memperkuat pertahanan.

Inggris vs Islandia: Ini Lima Alasan Roy Hodgson Patut Waspada

 

4. Punya Fans Fanatik

Islandia memiliki populasi 330.000 dan sekitar 10.000 orang diantaranya kini berada di Stade de France. Atau satu diantara 33 orang Islandia mendukung timnya saat melawan Austria. 

Nasionalisme di negara ini tampak begitu kental. Kari Arnason official resmi pertandingan menyorot para fans ini saat berbicara tentang laga. Dia mengatakan, hampir 50 persen penonton di stadion bersorak untuk Islandia. Tim dan fans Islandia dinilai punya hubungan yang unik dan menjadi salah satu faktor yang membakar semangat para pemain.

 

5. Melawan Inggris menginspirasi para pemain

Pemain sekelas Wayne Rooney, Daniel Sturridge, Joe Hart dan sederet nama lainnya membuat Islandia merasa terhormat dan bangga bisa bertemu di fase 16 besar.

Semangat dan kebanggan mereka bertemu Inggris bakal menjadi kekuatan besar. Hal ini terlihat dari komentar Jon Dadi Bodvarsson yang menjadi pencetak gol pertama melawan Austria, ia berkata: "Inggris adalah tim impian bagi saya, itu adalah tim favorit saya ketika saya masih muda, menonton Piala Eropa dan Piala Dunia , sehingga akan fantastis untuk bertemu dengan mereka. 

"Kegembiraan diungkapkan di sini menunjuk ke sebuah kebebasan Islandia akan bermain dengan melawan Inggris. Senin menjanjikan untuk menjadi pertandingan yang sulit bagi kedua belah pihak," katanya.
 

Loading...
Loading...