Rabu, 30 Mei 2018 07:00 WITA

Contoh Kuncian Lengan Ramos ke Salah Sangat Dilarang dalam Judo

Editor: Fathul Khair Akmal
Contoh Kuncian Lengan Ramos ke Salah Sangat Dilarang dalam Judo
Foto: REUTERS/Gleb Garanich

RAKYATKU.COM - Mohamed Salah mengalami cedera bahu, usai tangan Salah terlipat tangan Sergio Ramos, dan kemudian keduanya jatuh bersamaan. Bahu Salah, terbebani tubuhnya sendiri dan tubuh Ramos.

Asosiasi Judo Eropa ikut mengomentari hal tersebut. Menurut mereka, teknik kuncian lengan sambil menjatuhkan diri adalah sebuah teknik terlarang dalam judo.

"Waki-gatame (kuncian lengan) adalah teknik yang berbahaya. Itulah mengapa teknik tersebut tak dibolehkan sebagai transisi untuk melakukan ne-waza (kuncian di lantai). Apa yang kalian pikirkan terhadap pelanggaran di Final UCL kemarin?" ucap Asosiasi Judo Eropa dikutip dari CNNIndonesia.

Unggahan yang dibuat oleh Asosiasi Judo Eropa kemudian jadi viral dan memancing banyak orang untuk berkomentar. Para pendukung Liverpool menyalahkan Ramos sedangkan pendukung Real Madrid menganggap insiden tersebut murni kecelakaan.

Ketiadaan Salah di lapangan membuat Liverpool tampil limbung, terutama di lini depan. Alhasil, Real Madrid mampu mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 3-1.

Kemenangan tersebut membuat Real Madrid mengoleksi trofi Liga Champions tiga musim beruntun. Los Blancos juga jadi tim dengan jumlah trofi Liga Champions terbanyak sepanjang sejarah lewat raihan 13 gelar juara.