Rabu, 23 Mei 2018 05:00 WITA

Inilah Fakta Skuat Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018

Editor: Fathul Khair Akmal
Inilah Fakta Skuat Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018

RAKYATKU.COM - Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah mengumumkan daftar pemain timnas Spanyol di Piala Dunia 2018, Senin (21/5/2018). Dari 23 nama yang dipanggil, terdapat beberapa nama tenar yang absen.

Penyerang Chelsea, Alvaro Morata, dipastikan absen pada Piala Dunia tahun ini. Hanya mendulang 15 gol dari 48 laga bersama The Blues pada musim ini, menjadi penyebab Morata gagal masuk dalam daftar skuat timnas Spanyol.

Bukan hanya Alvaro Morata, masih ada tiga pemain Chelsea yang tak dipanggil untuk membela timnas Spanyol. Ketiga pemain tersebut adalah Cesc Fabregas, Marcos Alonso, dan Pedro. 

Sejumlah pemain bintang juga gagal memperkuat timnas Spanyol, mulai dari Sergi Roberto (Barcelona), Marc Bartra (Real Betis), Vitolo (Atletico Madrid), Jose Callejon (Napoli), Ander Herrera (Manchester United), dan Javi Martinez (Bayern Munchen).

Pada Piala Dunia 2018 di Rusia, timnas Spanyol berada di Grup B bersama Portugal, Iran, dan Maroko. Mereka akan menjalani laga perdana penyisihan grup melawan Portugal pada 6 Juni 2018 di Stadion Fisht, Sochi.

Beberapa fakta menarik ditorehkan skuat timnas Spanyol yang akan berlaga di Piala Dunia 2018. Berikut ini adalah lima data dan fakta tersebut dikutip dari bola.com.

1. Jumlah Pemain dari Dalam dan Luar La Liga
Dari 23 pemain, 17 nama berasal dari klub-klub di La Liga. Sementara itu, enam sisanya berasal dari klub di luar Spanyol.

Keenam pemain tersebut adalah David De Gea (Manchester United), Pepe Reina (Napoli), Cesar Azpilicueta (Chelsea), Nacho Monreal (Arsenal), Thiago Alcantara (Bayern Munchen), dan David Silva (Manchester City).

2. Pemain dengan Jumlah Caps Terbanyak dan Paling Sedikit
Sergio Ramos menjadi pesepak bola dengan jumlah penampilan terbanyak bersama timnas Spanyol, yakni 151 caps. Disusul Andres Iniesta dengan 125 caps, David Silva dengan 119 caps, Sergio Busquets dengan 100 caps, dan Gerard Pique yang mencatatkan 96 penampilan.

Sementara itu, Lucas Vazquez masuk dalam jajaran pemain dengan jumlah caps paling sedikit, yakni lima penampilan. Selain Vazquez ada Rodrigo Moreno (4 caps), Alvaro Odriozola (2 caps), dan Kepa Arrizabalaga (1 caps).

3. Pencetak Gol Terbanyak dan Pemain yang Belum Mencetak Gol
Dari 23 nama yang diboyong Julen Lopetegui ke Piala Dunia 2018, David Silva menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak. Silva mampu mendulang 35 gol.

Koleksi gol gelandang Manchester City itu unggul jauh atas Andres Iniesta dengan 14 gol, Sergio Ramos yang mencetak 13 gol, dan Isco yang mengoleksi 10 gol.

Sementara itu, ada delapan pemain yang belum pernah menyumbangkan gol buat La Roja. Kedelapan pemain tersebut adalah Cesar Azpilicueta, Dani Carvajal, Nacho, Alvaro Odriozola, Koke, Saul Niguez, Lucas Vazquez, Marco Asensio.

4. Klub yang Paling Banyak Menyumbangkan Pemain
Ke-23 pemain yang membela timnas Spanyol di Piala Dunia 2018 berasal dari 12 klub berbeda. Real Madrid menjadi klub yang paling banyak menyumbangkan pemain dengan enam nama.

Sementara itu, enam pemain Barcelona mendapatkan panggilan memperkuat Tim Matador, disusul Atletico Madrid yang menyumbangkan tiga nama.

Selain Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid, pemain timnas Spanyol di Piala Dunia 2018 juga berasal dari Manchester United, Napoli, Athletic Bilbao, Chelsea, Arsenal, Real Sociedad, Manchester City, Bayern Munchen, Celta Vigo, Valencia.

5. Pemain Tertua dan Termuda
Kiper Napoli, Pepe Reina, menjadi pemain tertua di skuat timnas Spanyol. Reina akan berusia 35 tahun saat perhelatan Piala Dunia 2018 dimulai pada 14 Juni 2018.

Selain Reina, pemain tertua di timnas Spanyol adalah Andres Iniesta (32 tahun), Sergio Ramos (32 tahun), dan David Silva (32 tahun).

Di sisi lain, Marco Asensio menjadi pemain termuda di La Furia Roja. Gelandang Real Madrid itu baru berusia 22 tahun saat perhelatan Piala Dunia. Selain Asensio, pemain termuda di timnas Spanyol adalah Alvaro Odriozola (22 tahun), Saul Niguez (23 tahun), dan Kepa Arrizabalaga (23 tahun).