Jumat, 18 Mei 2018 07:30 WITA

Laga Final Liga Champions, Mohamed Salah Puasa 16 Jam

Editor: Nur Hidayat Said
Laga Final Liga Champions, Mohamed Salah Puasa 16 Jam
Mohamed Salah. (Sumber Foto: Daily Star)

RAKYATKU.COM, LIVERPOOL - Mohamed Salah tidak boleh membatalkan puasanya pada saat laga Liverpool melawan Real Madrid di final Liga Champions di Kiev, Ukraina, 26 Mei mendatang.

Adalah Wakil Presiden Salawi Dawah Group, Yasser Borhami, yang menyebutkan hal itu. Berdasarkan Syariat Islam, kata dia, Salah mesti tetap menjalankan puasa walau akan melakoni pertandingan.

Dilansir Middleeastmonitor, Bohrami mengatakan mengacu pada Alquran, seorang pesepak bola tidak dianjurkan untuk membatalkan puasanya. 

Hal ini disebabkan sepak bola sebagai olahraga tidak termasuk dalam kategori pekerjaan fisik yang membutuhkan banyak tenaga, yang umumnya diperbolehkan untuk tidak berpuasa.

Kian berat bagi Salah adalah di Kiev saat ini sedang memasuki musim panas. Itu berarti matahari bersinar lebih lama dari biasanya. Pada 26 Mei mendatang, diperkirakan matahari terbit sekitar pukul 04.57 dan baru terbenam di ufuk pada pukul 20.53. Artinya, Salah akan berpuasa selama 15 jam 56 menit.

Meski begitu, pemain Liverpool tetap mendukung Salah untuk tetap menjalankan kewajibannya sebagai soerang muslim. Salah satunya datang dari bek sayap The Red, Alberto Moreno. 

"Saya rasa Mo Salah hanya berlatih dengan kemampuan 20 persen saja karena dia takut cedera. Mo Salah sekarang akan menjalani bulan Ramadan, saya akan makan dan minum untuknya, sesuatu yang lain tidak bisa saya lakukan," canda Moreno.