Rabu, 16 Mei 2018 15:42 WITA

Ekspektasi Prancis-Inggris di Piala Dunia Bagai Langit dan Bumi

Editor: Nur Hidayat Said
Ekspektasi Prancis-Inggris di Piala Dunia Bagai Langit dan Bumi

RAKYATKU.COM, PARIS - Prancis yang dihuni deretan pemain bintang jadi salah satu tim unggulan juara pada Piala Dunia 2018 di Rusia nanti. Sementara itu, Inggris diserukan tak perlu mematok target terlalu tinggi. Ekspektasi bagai langit dan bumi.

Prancis ke Piala Dunia 2018 dengan status runner-up Piala Eropa 2016 lalu. Walaupun gagal juara, Prancis saat ini sudah benyak berkembang dan lebih matang.

Eks pemain timnas Prancis, Alain Boghossian, pun percaya saat ini Pelatih Prancis, Didier Deschamps, punya komposisi yang dibutuhkan untuk juara. 

Tak hanya punya skuat yang berisi bintang-bintang seperti Antoine Griezmann, Paul Pogba, N'Golo Kante, atau Kylian Mbappe, ia juga sudah sangat mengenal para pemain mengingat sudah menangani timnas sejak 2012.

"Dulu Aime Jacquet sering bilang: Orang-orang mengingat siapa yang juara dan melupakan yang finis kedua. Kita tak bisa bilang telah menjalani Piala Dunia yang baik di Rusia kalau finis ketiga atau keempat," ujar Boghossian pada situs resmi FIFA.

"Sebagai mantan pemain, pelatih, dan fan timnas Prancis, bagi saya hasil yang bisa diterima hanyalah juara. Beberapa orang mungkin bilang itu terlalu cepat, tim ini masih terlalu muda. Saya tidak setuju."

"Didier sudah memimpin tim ini selama lima tahun dan punya para pemain yang tampil di tim-tim terbaik di liga-liga terbaik Eropa. Ia memiliki semua kunci yang dibutuhkan, tergantung dia untuk menemukan gemboknya," imbuh pria yang turut mengantar Prancis juara Piala Dunia di 1998 ini.

Sementara itu, Inggris oleh mantan penyerangnya sendiri, Gary Lineker, menilai negaranya tidak usah memasang target jadi juara di Piala Dunia 2018. Ia menyarankan lebih baik menggunakan momentum itu untuk mengorbitkan pemain muda.

"Kalau jadi Gareth Southgate (Pelatih Timnas Inggris), saya akan mengandalkan pemain muda tanpa membebani mereka dengan tekanan dan memberi mereka pengalaman," kata Lineker dilansir ESPN.

"Menurut saya mengorbitkan mereka tak akan jadi masalah karena dalam waktu empat tahun Inggris bisa jadi kekuatan besar. Peluang di Piala Dunia 2018 lebih baik dicoret, karena Inggris tak punya pemain berkelas untuk jadi unggulan," ucapnya.

Lineker tahu bahwa Inggris punya sosok seperti Harry Kane, Raheem Sterling, dan Jordan Henderson. Namun, mereka dianggap tidak akan mampu mengantar Inggris juara Piala Dunia.

"Mungkin ada beberapa pemain yang lebih tua dan berpengalaman, tetapi menurut saya Inggris tidak bisa memenangi Piala Dunia dengan mereka," kata Lineker.

"Tim lebih baik fokus ke pengembangan pemain muda dan memercayai mereka yang memang berpotensi," katanya.