Jumat, 11 Mei 2018 17:24 WITA

Pemain PSM Makassar Jaga Kebugaran Selama Ramadan

Penulis: Wahyu Susanto S
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Pemain PSM Makassar Jaga Kebugaran Selama Ramadan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bulan suci Ramadan sebentar lagi. Umat musim di seluruh dunia akan memulai menjalankan menahan lapar dan haus selama satu bulan penuh.

Namun bagi sebagian orang yang menjalankannya seperti pemain pesepakbola di Indonesia, tentu akan menjadi tantang tersendiri untuk menjaga kebugaran tubuh sembari menjalankan ibadah puasa. Apalagi, mereka bisa saja menjalankan latihan secara normal di pagi hari maupun sore hari.

Beruntung, jadwal pertandingan liga domestik musim ini di Indonesia, masih diterapkan seperti di musim lalu. Dimana, seluruh pertandingan bakal dipindahkan ke malam hari.

Salah satu bek anyar PSM Makassar, Hasyim Kipuw mengaku, untuk menyiasati kondisi kebugaran tubunya selama bulan puasa, dirinya tentu sudah punya agenda. Diantaranya, mengkonsumsi makanan yang bervitamim saat berbuka puasa atau di saat sahur.

"Tentu saja harus tetap bugar. Mengkonsumsi buah-buahan tentu wajib. Selain itu, makan dengan teratur juga perlu dilakukan baik waktu sahur maupun buka puasa. Jadi saya pikir, Insya Allah tidak akan jadi masalah," ujar Hasyim Kipuw, Jumat (11/5/2018).

Meski begitu, dirinya sendiri belum mengetahui jadwal latihan PSM yang akan diterapkan selama Ramadan. Namun baginya, baik malam atau sore hari, jadwal latihan yang diberikan tim akan sama saja.

"Sebenarnya saya belum tau seperti apa nanti waktu latihan di PSM. Tapi Insya Allah kondisi akan tetap terjaga selama kita rutin mengkonsumsi yang bervitamin," jelasnya.

Pada musim lalu, jadwal latihan skuat besutan Robert Alberts, memang tak ada perubahan. Zulkifli cs tetap menjalankan puasa dan sore harinya menggelar latihan.

"Intinya kita tetap siap apapun instruksi pelatih. Tapi saya pikir pelatih sudah merencanakan untuk latihan kita selama Ramadan. Karena rata-rata kan pemain menjalankan puasa," pungkasnya.