Selasa, 21 Juni 2016 14:26 WITA

Gareth Bale Ukir Sejarah di Euro 2016

Editor: Jumardin Akas
Gareth Bale Ukir Sejarah di Euro 2016

RAKYATKU.COM - Bintang Real Madrid Gareth Bale menjadi jimat bagi Wales yang mencetak tiga gol di babak penyisihan grup Euro 2016. 

Tercatat satu gol disekkan Bale di tiap pertandingan membawanya menjadi pencetak gol terbanyak sementara dan membuat sejarah Wales maju ke babak 16 sebagai pemenang Grup B.

Bale mencatat rekor sebagai pemain yang mencetak gol di masing-masing tiga pertandingan pertama mereka setelah penyisihan Euro.

Sebelumnya Milan Baros dari Republik Ceko dan Belanda Ruud van Nistelrooy mampu mencetak gol di masing-masing tiga pertandingan pertama mereka di Euro 2004.

Tiga gol yang dibuat Bale membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak di Wales untuk turnamen besar. Pemain asal Wales lainnya, Ivor Allchurch yang mengumpulkan dua gol di Piala Dunia FIFA 1958 di Swedia.

Wales terakhir berpartisipasi dalam sebuah turnamen besar di Piala Dunia 1958, di mana mereka mencapai perempat final. Sejak saat itu, pemain kelas atas seperti Ian Rush dan Ryan Giggs tidak mampu untuk memimpin Wales di panggung besar. Namun, Bale mencetak tujuh gol di kualifikasi EURO 2016, menyeret Wales menjadi tim kuat yang telah menunggu 58 tahun.

loading...

Pada tanggal 11 Juni, 2016, Bale mencetak gol pertama pada tendangan bebas melawan Slovakia di EURO 2016 pembuka Grup B, membantu Wales mengamankan kemenangan 2-1 dan membawa kemenangan pertama mereka di turnamen besar dalam 58 tahun.

Bale menjadi pemain Weles pertama yang mencetak gol di turnamen besar sejak gol Terry Medwin melawan Hungaria di Piala Dunia 1958. Gol ini diikuti dengan mencetak bola melalui tendangan bebas melawan Inggris dalam pertandingan kedua, meskipun Wales kemudian kalah 2-1. Namin gol ini membuat Bale menjadi pemain pertama yang mencetak dua tendangan bebas di Kejuaraan Eropa sejak Jerman Thomas Hasler pada tahun 1992.

Di Toulouse pada Senin malam, Bale dibantu bek kiri Neil Taylor untuk menggandakan keunggulan di menit ke-20 dan memastikan kemenangan 3-0 atas Rusia di menit ke-67.

Pelatih Wales Chris Coleman mengatakan dalam konferensi pers setelah pertandingan, "Bale adalah pemain hebat."

Loading...
Loading...